Makin Panjang Periode Investasi, Makin Kecil Risiko

Berinvestasi tentu harus berhati-hati kalau tak mau rugi. Berdasarkan hasil pengamatan BNP Paribas Investment Partner, investasi di pasar modal dalam jangka waktu pendek (short term) maupun jangka waktu panjang (long term), memiliki risiko yang berbeda.

Presiden Direktur BNP Paribas, Vivian Secakusuma, mengatakan, semakin panjang jangka waktu investasi maka semakin kecil risikonya, begitu juga sebaliknya. “Rasio positive return semakin besar dibandingkan dengan negative return, jika jangka waktu investasi semakin panjang,” kata Vivian di Jakarta.

BNP Paribas mengamati kinerja IHSG yang membandingkan antara investasi selama 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan 10 tahun. Hasilnya, kinerja IHSG selama 1 tahun menujukkan positive return 60% dan negative return 40%. Untuk 3 tahun, positive return 70% dan negative return 30%, 5 tahun positive return 80% dan negative return 20% dan terakhir 10 tahun positive return 94% dan negative return 6%.

Selain jangka waktu, yang juga harus diperhatikan investor adalah mengukur agresivitas. Apakah cenderung berani mengambil risiko atau sebaliknya. Hal ini berguna dalam pemilihan jenis-jenis produk investasi. Seperti reksadana saham untuk investor agresif, atau reksadana terproteksi untuk investor tidak agresif. Tentunya high risk high return, semakin tinggi risikonya semakin besar imbal hasilnya.

Cara mengukurnya apakah saat bursa sedang anjlok dan dalam posisi rugi, kita gelisah atau justru bisa tidur tenang? Jika bisa tidur tenang, berarti kita termasuk investor agresif, jika gelisah maka kita termasuk investor yang tidak agresif,” katanya.

Vivian menambahkan, keberhasilan dalam berinvestasi juga ditentukan oleh kejelian investor dalam memilih Manajer Investasi. Manajer Investasi-lah yang nantinya akan membantu investor dalam mengelola portofolio.

Investor memiliki kendala dalam melakukan diversifikasi jenis aset dan jenis perusahaan, dengan adanya Manajer Investasi maka mereka membantu memberikan analisa makro dan mikro, memantau harga, mengurus segala bentuk administrasi dan memberikan laporan rutin,” tambah Vivian.

Tips dari Vivian dalam memilih manajer investasi adalah pilih yang sudah memiliki reputasi, apakah Manajer Investasi tersebut sering mengeluarkan produk baru yang memberikan return bagus. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)