Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Bank OCBC NISP Oversubscribed Rp 1 Triliun

Di luar dugaan, investor antuasis merespons penerbitan obligasi Bank OCBC NISP. Hari Senin ini (11/2), bank campuran Indonesia – Singapura itu mengumumkan hasil dari penawaran awal (book building) Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2013. Obligasi yang ditawarkan kepada masyarakat dengan jumlah pokok Rp 3 Triliun ini mengalami oversubscribe sebanyak Rp 1 triliun dan mendapat pernyataan efektif dari OJK pada tanggal 11 Februari 2013.

Masa penawaran awal obligasi dimulai sejak tanggal 15 Januari 2013 s/d 29 Januari 2013. Penerbitan Obligasi ini merupakan bagian pertama dari Penawaran Umum Berkelanjutan Bank OCBC NISP dengan target dana sebesar Rp 6 triliun yang akan diterbitkan dalam kurun waktu hingga dua tahun ke depan.

Obligasi diterbitkan dalam 3 seri, yaitu seri A untuk jangka waktu 370 hari sebesar Rp 973 miliar dengan bunga 6,40%. Seri B untuk jangka waktu 2 tahun sebesar Rp 529 miliar dengan bunga 6,90% serta seri C untuk jangka waktu 3 tahun sebesar Rp 1,498 triliun dengan bunga 7,40%. Bunga Obligasi akan dibayarkan setiap 3 bulan.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP, menjelaskan, di tengah kondisi pasar dan ketatnya persaingan saat ini, permintaan yang kuat dari para investor yang bahkan mengalami oversubscribed Rp 1 triliun menunjukkan kepercayaan yang tinggi kepada Bank OCBC NISP. Pengakuan positif ini juga dibuktikan oleh rating yang berhasil diraih Bank OCBC NISP dari PT Pemeringkat Efek Indonesia, yaitu idAAA dan peringkat idAAA(idn) dari Fitch Rating untuk instrumen obligasi tersebut.

Dana yang diperoleh dari penawaran umum Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2013 ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, seluruhnya akan digunakan perseroan untuk pertumbuhan usaha dalam bentuk penyaluran kredit,” tambah Parwati. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)