Panin Bank Syariah Pelopori Bank Syariah yang Masuk BEI

Panin Bank Syariah (PBS) kini menempatkan diri sebagai bank syariah pertama di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sahamnya secara resmi mulai diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia per 15 Januari 2014 kemarin. Rinciannya yaitu  4,75 miliar saham atau total 48,72% dari modal disetor, dan 950 juta lembar warrant yang diterbitkan. Adapun dana yang diperoleh dari Penawaran Saham Perdana (IPO) akan digunakan untuk mendukung struktur permodalan, ekspansi pembiayaan, dan perluasan jaringan PBS itu sendiri.

(ki-ka) Bpk. Aries Muftie, Komisaris Utama Panin Bank Syariah, Tbk, Ibu Deny Hendrawati, Direktur Utama Panin Bank Syariah, Tbk. dan Bpk. Hadi Purnomo, Direktur Bisnis Panin Bank Syariah, Tbk. (ki-ka) Bpk. Aries Muftie, Komisaris Utama Panin Bank Syariah, Tbk, Ibu Deny Hendrawati, Direktur Utama Panin Bank Syariah, Tbk. dan Bpk. Hadi Purnomo, Direktur Bisnis Panin Bank Syariah, Tbk.

Sebagai informasi, per 31 Desember 2013, PBS telah memiliki total aset sebesar Rp 4,1 triliun. dan ekuitas sebesar Rp 531,9 miliar. Kantor cabangnya sudah ada 10 dan rencananya akan terus diperluas.

Aries Muftie, Presiden Komisaris PBS, mengatakan bahwa sejatinya perbankan syariah merupakan solusi finansial bagi penduduk Indonesia yang berpenghasilan menengah ke bawah dan belum terjangkau oleh bank-bank konvensional.

“Perbankan syariah berpotensi untuk mencapai 54 juta Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan usaha mikro melalui lembaga-lembaga pembiayaan mikro. Saat ini, sekitar kurang dari 20 persen penduduk Indonesia memiliki akses pinjaman ke bank," kata Aries.

Ditambahkan pula olehnya bahwa nasabah perbankan syariah berasal dari berbagai segmen, baik yang muslim maupun nonmuslim. Oleh karena itu, diharapkan ke depannya Indonesia dapat memposisikan diri sebagai Pusat Perbankan Syariah Global. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)