Perhatikan 3 Hal Ini Saat Mengumpulkan Dana Darurat

Dana darurat masih sering luput dari perhatian banyak orang. Kurangnya literasi keuangan menjadikan minimnya pengetahuan tentang dana darurat. Padahal dana darurat adalah pondasi utama dalam membangun finansial yang kuat. Sebelum membahas lebih lanjut, ketahui dulu apa arti dari dana darurat dari pandangan perencana keuangan.

Financial Planner Finansialku, Rista Zwestika, CFP® mengungkapkan bahwa dana darurat adalah dana cadangan atau sebagai antisipasi untuk pengeluaran yang tidak terduga.

Manfaat dana darurat ada banyak sekali. Diantaranya, dana darurat berguna ketika kamu atau anggota keluarga jatuh sakit, memperbaiki gawai yang rusak, bahkan bisa menjadi dana cadangan saat kehilangan pendapatan.

Berapa jumlah ideal dana darurat?

Setiap orang memiliki besaran dana darurat yang berbeda – beda. Tergantung pada berapa banyak pengeluaran setiap bulan dan banyaknya orang yang ditanggung.

Untuk lebih mudahnya, Rista memberikan patokan dana darurat sebagai berikut.

Jika belum menikah, maka dana darurat yang harus kamu penuhi adalah 6X pengeluaran per bulan.

Jika sudah menikah tetapi belum memiliki anak, kamu harus memiliki dana darurat sebesar 9X pengeluaran per bulan. Berbeda jika kamu sudah berkeluarga dan mempunyai anak, setidaknya kamu harus punya dana cadangan minimal 12X pengeluaran per bulan. Jumlah tersebut dapat kamu penuhi dengan mencicilnya sedikit demi sedikit setiap bulan. 

Selain itu, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan saat menabung untuk dana darurat.

Pertama, selalu revisi besaran dana sesuai dengan kenaikan status, jumlah pendapatan, serta jumlah pengeluaran setiap bulan. Mungkin di awal kamu telah menghitung estimasi total dana darurat yang harus dikumpulkan, tapi jika ternyata di tengah perjalanan mengalami perubahan,  maka otomatis jumlah dana darurat juga akan berubah.

Kedua, instrumen atau tempat kamu menyimpan dana darurat harus bersifat AMAL atau Aman, Mudah diakses, dan Likuid.

Ketiga, pilih instrumen yang tepat. Ada berbagai cara menyimpan dana darurat. Pastikan kamu memilih jasa atau produk keuangan yang cocok untuk menyimpan dana darurat. (Mutiara Ramadhanti)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)