Return Saham BCA Selalu Baik Karena Transparan

BCA merupakan salah satu perusahaan yang mampu terus menjaga WAI-nya tetap positif. Apa saja langkah yang ditempuh BCA untuk meningkatkan value perusahaan? Jahja Setiaatmadja, CEO Bank Central Asia Tbk menuturkannya kepada Ario Fajar dari SWA Online berikut ini:

Tanggapan Anda kembali masuknya BCA dalam WAI 2014?

Tentunya sangat bersyukur karena kami bisa mempertahankan prestasi yang sama seperti tahun lalu.

Jahja Setiaatmadja (utama)

Apa saja yang dilakukan perusahaan sehingga bisa meningkatkan value perusahaan?

Kami melakukan banyak hal. Mulai dari kegiatan yang berdampak langsung dengan kinerja perusahaan hingga yang di luar perusahaan. Misalnya, kami berusaha mempertahankan likuiditas agar betul-betul terjaga untuk pengembangan ekspansi. Kedua, memperkokoh permodalan yang terus dijaga makanya CAR BCA sebesar 17% lebih. Ketiga, mempertahankan profitabilitas termasuk kepada karyawan dan perangkat lainnya. Keempat, mencoba memberikan pelayanan sebaik mungkin ke nasabah, misalnya mendirikan call center 24 jam sehingga segala bentuk pertanyaan, komplain dan informasi produk bisa dijelaskan dengan jelas.

Kegiatan-kegiatan lainnya (tidak berdampak langsung dengan kinerja perusahaan-red) adalah menyelenggarakan CSR misalnya di bidang pendidikan, peningkatan mutu pelayanan medis, mendirikan poliklinik, menjaga kelestarian lingkungan dengan berkerjasama dengan WWF dan UNICEF. Terakhir adalah mengembangkan tempat wisata dan melestarikan wayang sebagai warisan budaya.

Jahja Setiaatmadja (tegak)

Bagaimana soal corporate action terkait dengan peningkatan pendapatan perusahaan dan pengelolaan cost?

Kami menjalankan dan mengandalkannya melalui anak perusahaan. Saat ini BCA memiliki BCA Finance, BCA Syariah, BCA FL – Hong Kong, BCA Sekuritas, CS Finance dan BCA Insurance. Perusahan-perusahaan tersebut tentu sudah memiliki rencana dan strategi tersendiri sehingga diharapkan bisa mencapai performa maksimal.

Contohnya?

Misalnya, Asuransi Umum BCA menyediakan beragam layanan dan jasa asuransi umum-kerugian, seperti asuransi rumah tinggal (properti), kendaraan bermotor, dan asuransi harta benda lainnya. Asuransi Umum BCA melayani nasabah korporat dan individual dengan dukungan kantor pusat di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar serta kantor perwakilan di Medan, Palembang, Denpasar, dan Balikpapan

Bagaimana cara memonitor anak perusahaan?

Kami menggunakan strategi GRC (Governance – Risk – Compliance) yang terintegrasi untuk mengawasi anak-anak perusahaan tersebut. Tidak lupa, kami menggunakan tiga aspek governanve : Structure, Process, dan Outcome. Misalnya, struktur untuk menilai kecukupan struktur dan infrastruktur tata kelola di bank. Proses untuk menilai efektivitas proses GCG dan terakhir Outcome untuk menilai outcome yang memenuhi harapan stakeholders bank.

Bagaimana perusahaan mengelola ekpektasi para investor? Apa saja yang dilakukan agar kepercayaan investor terus meningkat?

Sejauh ini yang dilakukan perusahaan adalah bersikap transparan. Misalnya, jika tahun lalu perusahaan menargetkan untuk agresif untuk tumbuh, maka kami sampaikan hal itu ke investor tanpa ada yang ditutupi, termasuk saat berkonsolidasi. Contoh lainnya, saat perusahaan ingin mengurangi laju kredit tahun ini, maka kami sampaikan hal itu secara terbuka. Tahun lalu laju kredit BCA tumbuh 27%, maka tahun ini kami beritahukan akan slowing down.

Hasilnya?

Dengan transparansi mereka mengapreasi kami. Kuncinya: transparan

Bagaimana soal kredit?

Tahun ini target kami moderat yakni sekitar 15%-17%. Saya lupa kisaran berapa jika dirupiahkan.

Kenapa harus moderat?

Hal itu disesuaikan dengan ketentuan dari Bank Indonesia dan OJK karena harus menyeimbangkan GDP agar tidak terlalu 'panas' ekonomi dalam negeri. Singkatnya, kredit dikurangi untuk menjaga kondisi ekonomi makro.

BCA akan mengerem penyaluran kredit konsumsi kepada nasabahnya tahun ini. Hal tersebut supaya pertumbuhan kredit tahun ini tidak melebihi 20%. Kalau hal itu sampai terjadi bisa menyebabkan bubble di perekonomian, khususnya di sektor properti. Sebagai informasi, bahwa adalah salah satu bank yang paling banyak memberikan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) selain BTN.

Misalnya?

Kuartal pertama 2014 permintaan kredit agak melamban, mungkin kami perkirakan akan flat pada saat ini. Mungkin nanti sekitar kuartal 3 atau 4 akan baik kembali. Kalau memang seperti target, ya sekitar 15-17% saja pertumbuhan kredit di akhir tahun ini.

Kredit yang kelihatan melambat?

Mungkin kredit konsumen seperti KPR. Kami sengaja melambatkan. Contohnya jika dulu aplikasi 100%, maka sekarang sekitar 40%. Kredit properti harus diredam, jika tidak harga properti akan tidak jelas, tidak karuan.

Bagaimana dengan fee based income?

Fee based income BCA diperkirakan sekitar 10-15%. Di saat perbankan lain menggenjot fee based income, maka tidak demikian dengan BCA. Fee based income BCA digunakan untuk meng-cover biaya investasi dan pengembangan sarana : seperti pergantian komputer kantor, mesin ATM, dll.

Seberapa besar dampak dari kasus pembobolan ATM dan kasus lainnya terhadap kinerja perusahaan, nasabah dan investor?

Kami korporasi yang sudah berpengalaman. Kasus pembobolan ATM beberapa waktu lalu sama sekali tidak berdampak pada kinerja perusahaan, bahkan apresiasi dari nasabah dan investor masih tetap tinggi. Selama itu bukan kesalahan nasabah, maka kami tetap mengganti uang nasabah. Bentuk tanggung jawab itu yang sangat diapreasiasi nasabah kami. Untuk mencegah kasus yang sama, kami terus lakukan edukasi tentang bertransaksi yang benar dan aman.

Bagaimana BCA melihat peluang bisnis tahun ke depan?

Saat ini, baik investor asing maupun lokal masih “wait and see” terkait pemilu Presiden 2014. Jika berjalan dengan baik, maka ekonomi Indonesia akan terus tumbuh, yang berdampak pada geliat industri perbankan.

Saham BCA selalu diminati oleh investor. Apakah saham BCA selalu memberikan return yang bagus?

Return BCA selalu baik. Hal itu karena kami tidak pernah memberikan janji palsu. Kami cerita apa adanya. Kuncinya : transparan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)