Seluruh Nasabah Citibank Indonesia Setujui Pembelian Surat Utang Lehman Brothers

Citibank Indonesia, Minggu (27/1/2013) kemarin, mengumumkan bahwa seluruh nasabahnya telah menerima dan menyetujui tawaran pembelian surat utang yang diterbitkan dan dijamin oleh Lehman Brothers, serta didistribusikan melalui Citibank Indonesia.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Citibank Indonesia membeli produk Lehman Brothers senilai 70 persen dari nilai investasi awal dalam bentuk uang tunai, dan dikurangi nilai apapun yang telah mereka terima, seperti pembayaran kupon sebelumnya.

Penawaran pembelian telah dibuka bagi seluruh nasabah yang berhak mulai dari tanggal 13 November 2012 sampai dengan 12 Desember 2012 pukul 17.00 WIB. Hanya dalam kurun waktu yang relatif singkat, seluruh nasabah pemegang surat utang Lehman Brothers menerima dan menyetujui penawaran pembelian sesuai syarat dan ketentuan yang ada.

“Kami sangat senang karena solusi positif yang diberikan kepada nasabah diterima dengan baik,” ungkap Joel Kornreich, Consumer Business Manager Citibank Indonesia, dalam siaran pers.

Joel bilang, pembelian ini merupakan ungkapan terima kasih atas kesetiaan dan kesabaran para nasabah. Di mana melalui pembelian ini, nasabah akan mendapat pengembalian nilai investasi yang lebih baik.

Walaupun bukan merupakan kewajiban langsung dari Citibank Indonesia untuk membeli surat utang tersebut, namun perlindungan terhadap kepentingan nasabah merupakan salah satu fokus utama Citibank. Oleh karena itu, persiapan dan proses pembelian dilakukan secara rinci dan komprehensif. Pembelian surat utang tersebut menjadi solusi terbaik dan praktis sehingga permasalahan Lehman Brothers yang telah memakan waktu lama dapat segera diselesaikan demi kepentingan nasabah.

“Nasabah merupakan prioritas utama kami,” tambah Tigor M Siahaan, Citi Country Officer Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengertian dan kesabaran nasabah, khususnya di saat-saat yang penuh ketidakpastian, pascakebangkrutan Lehman Brothers,” lanjut dia.

Sejak kejatuhan Lehman Brothers, sebuah kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya dan sangat tak teduga pada September 2008 yang lalu, Citibank Indonesia telah melakukan berbagai inisiatif untuk membantu nasabahnya. Citibank Indonesia memberikan informasi secara berkesinambungan mengenai perkembangan proses kepailitan Lehman Brothers dan mengajukan solusi kepada nasabah. Sebelumnya Citibank Indonesia juga membantu dalam mengajukan klaim atas nama nasabah di Pengadilan Niaga AS (U.S. insolvency proceedings).

“Saya merasa puas atas layanan dan tanggung jawab yang dilakukan Citibank dalam menyelesaikan structured notes Lehman Brothers,” tutur Zafar D Idham, seorang nasabah Citigold.

Sebelum melakukan penawaran pembelian, Citibank senantiasa menyediakan informasi terbaru dan secara berkala terkait investasi nasabah. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para karyawan kami yang terus fokus dalam upaya mengatasi permasalahan ini, sehingga Citibank Indonesia dapat menyajikan solusi positif bagi nasabah pemegang surat utang Lehman Brothers,” tutup Tigor. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)