SGE Tomorrow Today Fun(d) Festival Dorong Milenial Sadar Investasi

Untuk meningkatkan kesadaran pentingnya investasi sejak dini bagi milenial, Sorak Gemilang Entertainment (SGE) bekerja sama dengan PT Narada Aset Manajemen mengadakan Tomorrow Today Fun(d) Festival. Gelaran ini berupa edukasi finansial yang dikemas dengan musik dan seni, akan berlangsung 1 Desember 2018 di Senayan City, Jakarta.

Acara ini akan menghadirkan beragam edukasi finansial mengenai pentingnya perencanaan finansial secara matang dan pengaturan keuangan secara bijak demi mengantisipasi permasalahan cashflow, financial checkup, menabung, berinvestasi, dan membiasakan diri tidak berutang untuk hal konsumtif.

Narasumber yang akan hadir acara ini antara lain Financial Trainer & Founder QM Financial; Ligwina Hananto, Manager Investasi PT Narada Aset Manajemen, dan beberapa entrepreneur dan social media influencer inspiratif seperti Kaesang Pangarep (owner Sang Pisang), Jovi Adhiguna (content creator), Nicoline Patricia (fotografer), Kenny Santana (travel blogger) dan Agatha Suci (musisi) yang akan berbagi tips pengelolaan keuangan dan pengembangan bisnis atau karier dengan memanfaatkan jejaring sosial, serta sederet musisi ternama seperti HiVi, Tulus, dan Teza Sumendra.

Direktur Marketing Sorak Gemilang Entertainment (SGE), Mervi Sumali, mengatakan,” Tidak dipungkiri, milenial Indonesia kini juga sudah banyak yang sukses sebagai pengusaha maupun sebagai karyawan.” Seiring dengan keberhasilan, para mienial rentan dengan kebutuhan gaya hidup yang tinggi, seperti traveling, shopping, dan hangout.

Oleh karena itu, penting untuk membekali diri dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak agar terhindar dari masalah cashflow dan memastikan masa depan yang lebih baik. Hal itulah yang menjadi latar belakang dari diadakannya Tomorrow Today Fun(d) Festival. Tujuannya tentu untuk mengajak para milenial untuk mulai menyiapkan masa depan dengan baik, salah satunya dengan berinvestasi sejak dini.

Berdasarkan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia, generasi milenial kini menguasai investasi di pasar modal. Dari sekitar 1,5 juta investor perorangan, sebanyak 34,08% teridentifikasi generasi milenial dengan rentang usia 21-30 tahun. Meskipun begitu, partisipasi investor perorangan di Indonesia terbilang paling rendah di kawasan Asia, yakni hanya 1% dari sekitar 260 juta warga Indonesia yang telah terdaftar sebagai investor saham.

Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen, Oktavian Dondi, mengatakan, iInvestasi bukan hanya untuk mereka yang berkecukupan, tapi untuk semua, termasuk para milenial. Melihat data di atas, para milenial belum banyak yang mengerti pentingnya investasi dan tidak tahu bagaimana cara memulai investasi, padahal memulai investasi sangat mudah. Salah satu bentuk investasi adalah reksadana yang dikelola oleh manajer investasi yang dapat menjadi alternatif yang aman dan bisa dimulai dengan nominal yang sangat terjangkau. Kemudahan berinvestasi inilah yang ingin kami sosialisasikan ke milenial melalui acara Tomorrow Today Fun(d) Festival..

“Didalam acara ini kami ingin membuka paradigma bahwa investasi itu milik semua orang bukan milik orang kaya saja. Sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berinvestasi dan menikmati hasil investasi yang sama layaknya nasabah prioritas atau dikenal affluent customer,” lanjut Oktavian.

Oktavian mengungkapkan, dengan berpartisipasi di Tomorrow Today Fun(d) Festival, Narada Aset Manajemen mengajak semua masyarakat khususnya milenial baik itu di Jakarta maupun di luar Jakarta untuk mulai mengambil langkah awal dengan mendaftarkan diri dan mulai berinvestasi sejak hari ini serta mulai berani bermimpi besar. Setiap pembelian tiket senilai Rp 150 ribu akan dikembalikan ke pembeli tiket dalam bentuk investasi reksadana senilai Rp 100 ribu. Investasi bisa dimulai dengan mudah. Untuk belajar mengenai investasi, Narada Aset Manajemen akan mengadakan kelas investasi selama acara dengan cara yang lebih fun dan mudah dimengerti.

Ligwina menambahkan, sebelum memulai investasi, tetapkan tujuan keuangan. Setelah itu, atur penghasilan dengan baik. Ada tiga hal agar keuangan tetap sehat, pertama, biasakan catat pengeluaran. Kedua, alokasikan uang untuk menabung (minimal 10% dari penghasilan bulanan), cicilan (maksimal 30% dari penghasilan bulanan), pengeluaran rutin, pribadi/lifestyle (maksimal 20% dari penghasilan bulanan) dan sosial. Ketiga, menjaga cicilan agar maksimal 30% dari penghasilan bulanan.

Untuk menabung, para milenial dapat melakukannya di bank konvensional, menabung emas atau berinvestasi. Buat rekening terpisah antara pengeluaran bulanan, rekening hura-hura dan rekening menabung untuk tujuan tertentu seperti Dana Darurat, Dana Pendidikan dan lainnya. Reksadana salah satu bentuk investasi yang direkomendasikan untuk para milenial. Reksadana mudah dibeli dan mudah dicairkan, jangka waktu yang bisa dipilih sesuai tujuan keuangan dikelola secara profesional dan berbiaya relatif rendah serta tentunya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Sementara itu, Founder & Creative Director Chic & Darling, Kania Annisa Anggiani, mengungkapkan, investasi juga penting untuk mengembangkan bisnis. Seringkali pendapatan bisnis kita gunakan seluruhnya untuk pengembangan bisnis. Tetapi, ini bukanlah hal yang bijak karena bisnis pasti akan ada siklus untung ruginya. “Sebaiknya, sebagian pendapatan bisnis ini justru kita investasikan dan hasil investasinya kita jadikan modal tambahan untuk pengembangan bisnis,” dia menyarankan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)