THR Semakin Dekat, Sudahkah Direncanakan?

Foto: Istimewa (ilustrasi)

Pembagian THR Ramadhan 2021 sudah di depan mata, bahkan mungkin beberapa sudah ada yang cair. Spesialnya tahun ini tanggal pembagian THR dan gaji bulanan berdekatan.

Bak durian runtuh, THR dan gaji yang turun berbarengan ini pasti membuat hati berbunga – bunga. 

Tetapi, justru jangan terlena sehingga kebablasan. Nanti malah pendapatan kamu langsung ludes tanpa tahu kemana arahnya.

Agar uang yang Anda miliki ini bisa dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, Anda harus menyimak cara merencanakan THR ala Rista Zwestika, CFP® perencana keuangan Finansialku berikut ini.

Jika Anda bertanya apakah pengelolaan gaji dan THR harus dipisah, maka jawabannya, iya. Hal ini dimaksudkan agar aliran uang dapat dipantau. Selain itu, biasanya kita membudgetkan kebutuhan bulanan yang rutin dari gaji, bukan dari THR. 

Maka dari itu, sebaiknya kedua uang tersebut dipisah agar optimalisasi uang THR pun dapat terlihat dengan jelas.

Berhubung saat ini masih bulan Ramadhan, tandanya ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Islam. Ya, zakat fitrah adalah kewajiban yang harus ditunaikan saat bulan Ramadhan. 

Berarti yang pertama kali Anda harus lakukan adalah mempersiapkan uang untuk membayar zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal bagi beberapa orang.

Setelah memisahkan untuk kewajiban, sisihkan lagi untuk ibadah lainnya seperti sedekah atau infaq. Mengapa? Karena Anda pasti tidak mau kan, menyia – nyiakan pahala di bulan suci. Oleh karena itu, lebih baik sisihkan sedikit hartamu untuk melakukan kebaikan.

Jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, maka dari gaji yang Anda miliki buatlah anggaran keuangan sesuai kebutuhanmu sehari – hari. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan tanggalan Hijriah.

Apabila kamu berniat untuk membeli baju atau barang lain di bulan ini, alokasikan dalam pos khusus. Tidak ada larangan akan hal itu, namun tetap harus terkontrol dan sesuai dengan budget.

Jalan lainnya, kamu bisa membeli barang keinginanmu dari uang THR, akan tetapi setelah kamu melakukan hal di bawah ini:

  • Sisihkan untuk dana darurat
  • Membayar utang dan cicilan
  • Investasi

Setelah mempertimbangkan ketiga hal tadi baru kamu bisa menggunakan uang THR untuk memenuhi keinginanmu. Rista pun menambahkan jika kamu tidak merencanakan alokasi danamu, kamu berpotensi terus mengeluarkan uang karena merasa uangmu masih cukup, padahal tanpa sadar Anda sebenarnya sudah overbudget. (Mutiara Ramadhanti)

Artikel ini diproduksi oleh tim finansialku.com untuk swa.co.di

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)