Tips – Tips Keuangan Menarik bagi Mahasiswa

Mahasiswa acap kali mengalami kesulitan dalam mengatur keuangannya. Kemungkinan karena sebelumnya mereka kebiasaan hanya menerima uang jajan dan langsung menghabiskannya, sehingga ketika kuliah dan diberi tanggung jawab mereka merasa kaget.

Mungkin orang – orang melihat hal ini sebagai hal yang wajar. Namun, sebenarnya ada cara untuk kamu menghentikan kebiasaan buruk ini. Sebagai mahasiswa, jadikan masa transisi ini kesempatan untuk belajar mandiri secara finansial sebelum akhirnya kamu bekerja dan sepenuhnya memenuhi urusan finansialmu sendiri.  

Maka dari itu, perencana keuangan Finansialku yang juga merupakan bagian dari kaum millenials, Rizqi Syam, CFP®, memberikan tips kepada teman – teman mahasiswa agar bisa mengatur keuangan dan segera merdeka finansial.

  • Buka bisnis online

Di era skearang, bisnis online adalah salah satu bisnis yang cukup sering dijumpai. Hanya mengandalkan internet kamu dapat menjual produk atau jasa. Mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan pundi – pundi rupiah. Kamu bisa mulai membuka online shop yang menyesuaikan dengan hobi atau kesukaan kamu, atau bisa juga menjadi reseller atau dropshipper yang lebih mudah.

  • Manfaatkan hiburan gratis dan promo-promo menarik

Saat ini banyak sekali promo – promo yang ditawarkan oleh berbagai marketplace. Manfaatkan hal ini untuk membeli kebutuhan sehari – hari. Sehingga kamu dapat menghemat uang bulananmu. Selain itu, biasanya di sekitar kampus juga ada akses hiburan gratis yang diselenggarakan oleh kampus, pemerintah, maupun komunitas setempat. Kamu juga bisa mencari hiburan gratis dengan memantau akun media sosial komunitas yang sering mengadakan movie screening secara cuma-cuma.

  • Hemat pangkal kaya!

Kalau tips terakhir ini sepertinya sudah menjadi makanan sehari – hari mahasiswa di akhir bulan, Eits, tapi Rizqi menganjurkan kita untuk berhemat sejak awal bulan. Kenapa? Tentu saja agar kamu tidak merasakan kelaparan di akhir bulan. Untuk kamu yang sering pergi ke cafe baik untuk mengerjakan tugas atau sekadar nongkrong bersama teman, sebaiknya kurangi kebiasaan itu mulai sekarang. Tanpa kamu sadari, uangmu bisa habis hanya untuk nongkrong di cafe. Selain itu, jika ada keinginan membeli barang yang sifatnya tidak mendesak, tahan dulu sebelum cepat-cepat membeli. Kamu bisa menabung terlebih dahulu atau menunggu diskon. Hal ini berguna untuk mencegah kamu membeli barang secara impulsif.

Tipsnya sudah dibocorkan, nih. Jangan alasan lagi, ya. Yuk mulai benahi keuanganmu sejak dini! (Mutiara Ramadhanti).

Artikel ini diproduksi oleh tim finansialku.com untuk swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)