Vivian Secakusuma: Reksa Dana Syariah Tumbuh Pesat

Reksa dana syariah cukup diminati oleh investor muslim maupun investor non-muslim yang mencari alternatif investasi menguntungkan. Dana kelolaannya meningkat pesat seperti dialami  PT BNP Paribas Investment Partners. Apa saja karakteristik reksa dana syariah? Vivian Secakusuma, Presiden Direktur PT BNP Paribas Investment Partners, menuturkannya kepada  Rif'atul Mahmudah dari SWA Online:

BNP Paribas Vivian Secakusuma, Presiden Direktur BNP Paribas

Bagaimana minat berinvestasi di reksadana syariah dewasa ini?

Reksa dana syariah cukup diminati oleh investor, baik dari yang membutuhkan investasi yang berbasis syariah, maupun sebagai alternatif investasi secara umum.

Apa saja keunikan/ kelebihan berinvestasi di reksa dana syariah?

Keunikan dari reksa dana syariah ada pada instrumen yang mendasarinya, yang memang sudah diseleksi oleh otoritas yang bersangkutan sebagai efek yang sesuai dengan prinsip syariah.

 

Siapa target pasar reksa dana syariah? Jika ada non-muslim yang berinvestasi di reksa dana syariah, apa motifnya?

Reksa dana syariah sesuai bagi berbagai investor, tidak hanya bagi investor yang beragam Islam.  Yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian profil risiko reksa dana syariah tersebut dengan profil risiko investor yang bersangkutan.  Bagi investor non-muslim, reksa dana syariah dapat dipertimbangkan sebagai alternatif investasi, karena kabanyakan reksa dana tersebut tidak mempunyai eksposur pada sektor perbankan.  Dalam hal ini, reksa dana syariah dapat dianggap sebagai reksa dana tematik.

Vivian Secakusuma

Ada berapa reksa dana syariah yang diterbitkan oleh BNP Paribas?

Sampai saat ini kami mempunyai satu reksa dana syariah berbasis saham, yaitu BNP Paribas Pesona Syariah.

Bagaimana perkembangan dana kelola selama 5 tahun terakhir?

Perkembangan dana kelolaan reksa dana cukup baik,terutama dua tahun terakhir, hingga per Juni 2014, dana kelolaannya mencapai Rp 2,3 triliun.  Kenaikan ini adalah sebesar hampir 230% dari tahun 2012.

Berapa persen kenaikan dana kelola per tahunnya?

Secara rata-rata mengikuti perkembangan pasar saham.

Bagaimana strategi marketing yang dilakukan?

Pemasaran produk reksa dana syariah kami mayoritas dilakukan melalui agen penjual reksa dana yang telah mempunyai kerja sama dengan kami. (***)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)