Zuckerberg Janji Tak Jual Saham Facebook Selama 1 Tahun

Salah satu pendiri Facebook (co-founder), Mark Zuckerberg, berjanji untuk tidak menjual sahamnya selama satu tahun lagi. Janjinya ini langsung ditanggapi dengan kenaikan harga saham jejaring sosial ini hampir 5%.

Sebuah laporan baru perusahaan ke Securities and Exchange Commission (SEC/Komisi Sekuritas dan Bursa AS sejenis Bapepam) mengatakan Zuckerberg tidak akan menjual  500 juta sahamnya, setidaknya dalam waktu satu tahun ke depan.

Adanya laporan tersebut langsung mengerek saham Facebook pada perdagangan Rabu (5/9) waktu New York atau Kamis (6/9) WIB. Saham Facebook ditutup naik 4,8% menjadi US$ 18,58.

Sebelumnya pasar dibuat panik adanya aksi karyawan Facebook yang akan menjual beberapa dari 234 juta saham mereka. Maklum, pembatasan kepemilikan pasca-IPO akan berakhir pada 29 Oktober mendatang.

Pasar menuduh Facebook dan penjamin emisinya di Wall Street rakus setelah menerbitkan saham lebih besar dari yang pasar bisa tampung. Harga saham ini melambung dalam debutnya dan berhasil menghimpun US$ 16 miliar setelah penjualan 421 juta saham perdananya, mendorong nilai kapitalisasi pasarnya menjadi US$ 104 miliar.Namun harga sahamnya terus merosot. Banyak analis mempertanyakan kekuatan laba jangka panjang perusahaan itu. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)