Produsen Beras Ini Tebar Dividen Rp 28,63 Miliar

Sukarto Bujung, CEO PT Buyung Poetra Sembada
Sukarto Bujung, CEO PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (Foto : Hendra Syaukani/SWA)

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras berkualitas premium bermerek Topi Koki dan Hoki, menetapkan pembagian dividen senilai Rp 28,63 miliar atau 27,61% dari laba bersih tahun 2019 sebesar Rp 103,72 miliar. Dividen ini disetujui di Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) HOKI untuk tahun buku 2019 yang digelar di Jakarta, Selasa 30 Juni 2020.

Sukarto Bujung, Direktur Utama Buyung Poetra Sembada, mengatakan manajemen HOKI mendapat persetujuan dari pemegang saham untuk membagikan dividen dari laba bersih tahun 2019 senilai Rp 12 per saham. Selain itu, HOKI juga berupaya meningkatkan nilai sebagai emiten yang mengutamakan aspek keberlanjutan (sustainability). Saat ini, HOKI sedang memproses sertifikasi Environmental, Social, and Governance (ESG) tahap pertama untuk bisnis berkelanjutan. Dalam mendapatkan sertifikasi tersebut, HOKI bekerja sama dengan Turnkey Group, sebuah platform ESG berkelanjutan global untuk melacak kinerja lingkungan dan praktik terbaik secara efektif agar bisa mendapat pengakuan pihak ketiga yang
independen.

Dion Surijata, Investor Relations HOKI, mengatakan saat ini perseroan menggunakan sistem yang dikembangkan Turnkey untuk mengidentifikasi KPI ESG yang paling material, yang kemudian akan dianalisa menjadi laporan mengenai dampak lingkungan melalui Modul Turnkey untuk carbon, energy, water, dan waste. HOKI sudah mengimplementasikan produksi yang bertanggung jawab dengan tidak menghasilkan limbah berbahaya. Semua mesin pengering (dryer) HOKI menggunakan bahan limbah sekam padi, limbah padi lainnya didistribusikan ke pihak lain sebagai bahan baku pakan ternak, serta diproses menjadi pelet sekam.

HOKI menargetkan sistem produksi beras tanpa meninggalkan limbah (zero waste). “Diharapkan dengan berbagai upaya ini dapat mendukung HOKI untuk mengembangkan strategi keberlanjutan jangka panjang,” ujar Dion. Harga saham Buyung Poetra Sembada pada perdagangan Selasa kemarin itu naik tipis sebesar 0,76%, atau menjadi Rp 660 dari Rp 655 di Senin pekan ini.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)