Produsen Kapas Asal Bandung Hendak IPO

Marting Djapar (duduk), CEO PT Cottonindo Ariesta. Perusahaan ini hendak IPO di tahun 2018. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

PT Cottonindo Ariesta, perusahaan asal Bandung, berencana melepas saham ke publik.

Marting Djapar, pendiri sekaligus Direktur Utama Cottonindo, menyebutkan rencana pelaksanaan penawaran perdana (initial public offering/IPO) saham Cottonindo diharapkan terealisasi di tahun 2018. “Ya, Cottonindo akan IPO. Nanti saya akan mengumumkan jumlah saham yang akan dilepas ke publik,” ucap Marting saat dihubung SWA Online di Jakarta, Selasa, (13/02/2018).

Dia menyebutkan manjemen Cottonindo telah menyampaikan rencana IPO itu ke PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Manajemen Cottonindo, lanjut Marting, sedang mempersiapkan IPO ini agar terealisasi di tahun ini. Cottonindo didirikan pada 1994 di Bandung. Perusahaan ini memproduksi aneka macam kapas untuk kosmetik, kesehatan, dan industri.

“Kapas yang kami buat bermerek Wellness, ini adalah umbrella brand-nya untuk kapas kosmetik dan kesehatan,” ucap Marting. Perusahaan ini juga memproduksi cotton buds dan merek-merek untuk perusahaan lain atau yang disebut private label. Sejumlah perusahaan yang dibuatkan kapasnya oleh Cottonindo antara lain  Hypermart, Indomaret, dan Alfamart

Cottonindo memiliki area pemasaran di Aceh hingga Papua. Sebanyak 27 distributor memasok produk Cottonindo ke konsumen. Lokasi distributor itu tersebar di Medan, Pekanbaru, Batam, Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Bali, Manado, Kupang, Maluku Utara hingga Makassar. “Selain dijual di dalam negeri, Cottonindo juga mengekspor ke Thailand, Filipina, Hongkong, Australia, dan Filipina,” imbuh Marting.

Cottonindo juga pernah mengekspor produknya ke beberapa negara, diantaranya Vietnam, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Malaysia, Taiwan, Myanmar, Rusia, dan Mauritius. Adapun, pabrik Cottonindo seluas 2,3 ha yang berlokasi di Subang, Jawa Barat. “Kami telah meremajakan dan memodernisasi mesin sehingga kualitas produk sesuai standar nasional dan internasional. Kapasitas produksi pabrik kami sekitar 1.200 ton per tahun,” jelasnya.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)