Rahasia CIMB Niaga Cetak Laba Bersih Konsolidasi Rp3,2 Triliun

Direktur Strategy, Finance & SPAPM CIMB Niaga Lee Kai Kwong (Foto: Anastasia/Swa)

Meski kondisi perekonomian Indonesia belum pulih sepenuhnya, namun PT Bank CIMB Niaga Tbk berhasil mencatatkan laba bersih konsolidasi Rp3,2 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2021. Angka tercatat tersebut didukung oleh pendapatan operasional dan pengendalian biaya.

Sementara itu, CIMB Niaga juga mencatatkan ROE sebesar 10,8%. “Pada aspek neraca keuangan, kami berhasil meningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 7,6% Y-o-Y dengan rasio CASA sebesar 61,7%,” kata Direktur Strategy, Finance & SPAPM CIMB Niaga Lee Kai Kwong. Ke depan, menurut Lee, pihaknya akan mengembangkan bisnis perbankan dengan dukungan transformasi digital dan data analytics.

Per 30 September 2021, Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) CIMB Niaga tercatat baik masing-masing sebesar 22,6% dan 76,7%. Dengan total aset mencapai Rp295,4 triliun. Adapun total penghimpunan DPK tercatat sebesar Rp228,0 triliun. Sedangkan, Giro dan Tabungan mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 8,5% YoY dan 11,7% YoyY, hal itu sejalan dengan komitmen Bank untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

“Untuk Jumlah kredit yang disalurkan sebesar Rp177,0 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh bisnis Consumer Banking yang tumbuh 5,7% YoY. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tumbuh 8,1% YoY, sementara Kredit Pemilikan Mobil “KPM) meningkat sebesar 13,4% YoY,” kata dia menambahkan.

Untuk unit syariah, CIMB juga mencatat total pembiayaan sebesar Rp35,4 triliun dan DPK sebesar Rp36,7 per 30 September 2021. " 96% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti Octo Mobile, Octo Clicks, BizChannelCIMB, Automated Teller Machines (ATM), dan Rekening Ponsel.

Dalam mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan, Lee mangatakan bahwa CIMB akan meningkatkan customer experience melalui 424 jaringan kantor (termasuk 33 Kas Mobil dan 37 Digital Lounge), 3.624 ATM, 246.924 Electronic Data Capture (EDC & QR), dan 888 Cash Deposit dan Recycle Machines.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)