RANS Entertainment Mau IPO, Segini Valuasinya

Keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Pemilik Rans Entertainment (Foto: dok Rans)

Baru-baru ini, Raffi Ahmad mengungkapkan bahwa perusahaan yang dirintisnya bersama sang istri Nagita Slavina, yaitu RANS (Raffi Ahmad Nagita Slavina) Entertainment berencana melakukan penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO). Hal ini diungkapkan Raffi saat bincang di Youtube Noice yang diunggah pada Jumat (20/01/2023) lalu.

Raffi mengklaim, perusahaannya yang bergerak di bidang hiburan dan dunia digital kreatif ini memiliki nilai valuasi sebesar Rp 3 triliun. Bahkan Raffi tidak percaya, perusahaan yang dibuatnya kini telah berkembang pesat dan menjadi besar. 

“RANS itu sekarang valuasinya sudah Rp 3 triliun. Kita sekarang mau menuju IPO, padahal (dulu dimulai) dari garasi doang, cuma 3 orang. Sekarang sudah sampai Rp 3 triliun valuasinya. RANS itu hand made,” kata Raffi dalam video tersebut, dikutip Kamis (26/01/2026).

Untuk melancarkan rencana tersebut, Raffi mengungkapkan perusahaannya sedang mencari investor dari luar negeri. Bahkan, RANS saat ini sudah memiliki peta jalan yang lengkap hingga tahun 2025 mendatang.

“Jadi untuk menjaga kestabilan ekonomi 'Negara Republik Nagita', di RANS Entertainment ini kami harus mengembangkan bukan hanya di entertain saja. Kemarin sudah bikin roadmap buat sampai 2025 jadi sampai setelah Pemilu sudah tahu RANS mau ngapain,” kata Raffi.

Saat ini, menurut Raffi, nilai valuasi perusahaan itu bisa di-create. Sehingga tidak hanya mengejar revenue dan profitabilitas, tetap juga mulai berinvestasi. “Kayak kita mulai mengeker (meneropong) perusahaan investasi ke RANS,” ucap bapak dua anak ini.

Pengungkapan nilai valuasi dan rencana IPO ke publik, kata Raffi bukanlah bentuk flexing atau pamer, tetapi sebagai contoh sebuah perusahaan anak negeri yang mampu berkembang. “Karena yang menentukan nilai valuasi kan bukan kita sendiri,” ucapnya. 

Diketahui perusahaan RANS Entertainment berawal dari konten keseharian keluarga Raffi dan Gigi (sapaan Nagita) di platform Youtube. Seiring berjalannya waktu, RANS Entertainment berkembang pesat hingga memiliki beberapa lini bisnis. 

Beberapa bisnis yang dimiliki selain di Youtube adalah di olah raga RANS Nusantara FC, basket RANS PIK Basketball, dapur rekaman Rans Music, rumah produksi RA Pictures, RANS Animasi, dan produk kecantikan Rans Beauty. Selain itu, raffi juga melakukan investasi di perusahaan audio NOICE, hotel. Bahkan saat ini, raffi juga berencana membuat kebun binatang Rans Carnival Zoo.

“Padahal dulu Raffi tidak mau mengurus ini (RANS) sama sekali. Begitu sudah bagus baru dia. (Saat itu bilang) Raffi shooting di TV saja, ngapain di Youtube-Youtube gitu," ungkap Nagita dalam video tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)