Saham Avian Brands Resmi Tercatat di Bursa Efek Indonesia

Terhitung Rabu, 8 Desember 2021, saham PT Avia Avian Tbk. (Avian Brands),  produsen cat dan pelapis dekoratif di Indonesia, resmi telah tercatat (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham emiten ini berhasil dinilai pada harga Rp930 per lembar saham, dan mendapat dukungan yang kuat dari investor institusi domestik dan asing maupun investor ritel. Berbagai investor ternama dari investor jangka panjang global, sovereign wealth fund, dan institusi domestic banyak yang berminat, sehingga sempat mengalami beberapa kali oversubscription.

Dengan jumlah penawaran sebesar Rp10,951 miliar (US $ 771 juta), pendaftaran ini merupakan IPO terbesar yang pernah ada di Asia untuk sektor cat, atau  IPO kedua terbesar untuk sektor cat secara global, dan IPO ketiga terbesar di Indonesia sejak tahun 2008.

Wijono Tanoko, Presiden Direktur Avian Brands mengatakan, "Penawaran umum perdana saham ini adalah tonggak pencapaian yang penting bagi karyawan, pelanggan, pemasok, dan seluruh mitra Avian Brands. Dukungan yang diterima atas IPO ini merupakan realisasi dari visi Bapak Soetikno Tanoko yang mendirikan Avian sejak tahun 1978.”

Ruslan Tanoko, Wakil Presiden Direktur Avian Brands menambahkan, di bawah kepemimpinan  Wijono Tanoko dan Hermanto Tanoko, Avian Brands telah mengukuhkan posisi dan keunggulannya dalam industri cat dekoratif di Indonesia.

“Tim manajemen yang saya pimpin bersama Kurnia Hadi, didukung oleh partner GIC, telah mempercepat transformasi Avian Brands menjadi perusahaan yang cekatan, berfokus pada pelanggan, dan mampu menawarkan produk inovatif berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Kami telah membangun Avian Brands menjadi pemimpin dalam sektor cat dekoratif di Indonesia,” jelas Wijono.

Keberhasilan ini, lanjut Wijono  juga tak terlepas dari dukungan 7.210 karyawan yang selalu berinovasi sehingga bisa melayani 52.625 toko bahan bangunan yang telah mendukung perusahaan selama bertahun-tahun. “Kami selalu berharap agar hubungan spesial yang telah terbentuk dan kemitraan ini bisa terus berlangsung di masa yang akan dating,” dia menambahkan.

Menurutnya, pencatatan saham adalah langkahperusahaan berikutnya dalam perjalanan Avian Brands. Dengan IPO ini, perusahaan memiliki fleksibilitas keuangan dan operasional yang lebih tinggi untuk dapat terus berinovasi dan meningkatkan praktik ESG perusahaan. Manajemen juga lega karena banyak

pemegang saham baru telah memutuskan untuk bergabung dengan Avian Brands  dalam tahap pertumbuhan berikutnya. Dan manajemen Avian Brands berkomitmen untuk menghasilkan nilai tambah yang terbaik bagi seluruh stakeholders.

"Besaran dan timing IPO kami dimungkinkan dengan kerja keras dari tim OJK, BEI, serta seluruh mitra kami yang terus mendukung kami. Atas nama perusahaan, saya menghargai keterlibatan yang mendalam dan arahan strategis dari komisaris kami sebelumnya, Mr. Choo Koon Po, yang telah bekerja sama dengan manajemen untuk dapat meraih status perusahaan cat dekoratif nomor 1 serta membangun kinerja operasional dan keuangan  dalam industri cat,” papar Wijono.

Wijono mengaku, posisi nomor 1 Avian Brands di industri cat dekoratif adalah bukti atas kemampuan dari perusahaan lokal Indonesia untuk dapat berkembang di dalam negeri untuk menjadi pemimpin pasar dan menyediakan produk berkualitas  dalam memenuhi aspirasi masyarakat Indonesia yang kian bertumbuh.

Sebagai bagian dari IPO, Perseroan dan beberapa pemegang saham telah menawarkan dengan total 11.775.355.600 saham, yang terdiri dari sekitar 52,7% saham baru dan sekitar 47,3% dari saham yang ditawarkan oleh pemegang saham eksisting. Penerimaan dana bruto dari penawaran saham baru adalah sebesar Rp5,766 miliar (US$ 400 juta).

Pasca IPO, Keluarga Tanoko akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Avian Brands dengan porsi 74,7% saham.

Dana bersih yang diterima oleh Avian Brands melalui IPO ini akan digunakan untuk dapat terus meningkatkan pertumbuhan profitabilitas dari perseroan dan mempercepat ekspansi bisnis, serta untuk pelunasan beberapa utang.

Avian Brands berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan distribusi in-house-nya yang istimewa dan meningkatkan jejak kakinya di seluruh Indonesia, termasuk kota tier 1 hingga tier 4, untuk memastikan produk-produknya dapat menembus seluruh pasar domestik dan terjangkau bagi konsumen Indonesia. Perseroan juga bermaksud untuk terus berinvestasi dalam produk-produk yang inovatif guna memperbesar portofolio solusi arsitekturalnya yang luas dengan kesadaran merek yang kuat, yang meliputi Sunguard All-in-One, Supersilk Anti Noda, Avitex, No Drop dan Avian.

Guna terus mendukung prospek pertumbuhan dari lini bisnisnya. Avian Brands berencana untuk memulai pembangunan fasilitas manufaktur  barunya di Cirebon dengan operasi ditargetkan untuk dapat dimulai pada tahun 2025.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)