Saham Indonesian Tobacco Naik 50% di Perdagangan Perdana

Listing saham Indonesian Tobacco di BEI

Indonesian Tobacco Tbk., perusahaan pengolahan tembakau iris, resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham 'ITIC' pada Kamis (04/07/2019). Perusahaan tembakau asal Malang ini merupakan emiten ke-19 yang melantai di BEI pada 2019.

Perusahaan menerbitkan 274 juta lembar saham baru atau setara dengan 29,13% dari modal disetor dan ditempatkan penuh. Sebagai Lead Underwriter, ITIC menggandeng PT Philip Sekuritas Indonesia.

Penawaran umum yang telah dilakukan pada 25-28 Juni 2019 dengan initial public offering (IPO) Rp 219 per saham berhasil menghimpun dana Rp 60,01 miliar. Pembukaan saham perdana berhasil meningkatkan saham ITIC sebesar 50% menjadi Rp 330 per saham.

Komisaris Utama Indonesian Tobacco, Shirley Suwantinna, mengatakan, dana yang diperoleh oleh IPO ini seluruhnya akan digunakan untuk capital expenditure dengan alokasi pembelian bahan baku daun tembakau.

Perusahaan mencatatkan hasil baik pada penjualan saham perdana, hingga mengalami oversubscribed lebih dari 165 kali. Hal ini adalah sinyal bahwa pencatatan saham perdana disambut baik oleh masyarakat.

Ke depannya, perusahaan akan memperluas pasar domestik serta ekspansi keluar negeri. Shirley juga berharap adanya value yang lebih pada stakeholder dan peningkatan revenue di tahun depan. Di Semester II/2019, perusahaan akan lebih fokus pada penetrasi pasar terutama untuk wilayah Sulawesi dan NTT.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)