Satyamitra Kemas Lestari Meningkatkan Penjualan Carton Box Rp 327 Miliar

Fasilitas produksi di PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk. (Foto : Dok)

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk  pada kuartal I/2022 meraih penjualan senilai Rp 574 miliar atau meningkat sebesar 18% dibandingkan periode yang sama di 2021. Sedangkan laba bersih perseroan di Januari-Maret tahun ini sebesar Rp 33 miliar atau naik 21%. Herryanto Setiono Hidayat, Direktur Pemasaran Satyamitra Kemas Lestari, mengatakan perseroan melihat prospek industri kemasan yang prospektif. “Adanya pemulihan perekonomian Indonesia, dan juga tren bisnis berkelanjutan yang semakin marak ini menjadi faktor pendorong bisnis perseroan sebagai penyedia kemasan kertas ramah lingkungan terintegrasi,” ujar Herryanto di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Emiten yang sahamnya bersandi SMKL ini memiliki beberapa segmen usaha yang terdiri dari carton box, offset printing box, preprint corrugated box, dan rigid box. Masing-masing kontribusinya terhadap penjualan di kuartal I/2022, yaitu carton box sebesar 57%, offset printing box sebesar 27%, preprint corrugated box sebesar 13%, dan rigid box sebesar 3%. Melalui segmen-segmen tersebut SMKL juga menyediakan pemesanan secara customized sebagai keahlian SMKL untuk memenuhi permintaan para pelanggan. “Adapun yang menjadi kontibutor utama pertumbuhan penjualan SMKL ialah pada segmen bisnis utama kami, yaitu carton box sebesar Rp 327 miliar yang juga mengalami kenaikan sebesar 16%,” ucap Herryanto.

SMKL, perusahaan kemasan kertas ini, menyediakan total packaging solutions integrated with logistic lantaran memproduksi berbagai macam kemasan yang dikustomisasi (customized), pengiriman logistik SKL Express yang dapat dimonitor secara real-time selama 24 jam setiap harinya, dan menawarkan solusi penyimpanan dengan memiliki gudang yang terintegrasi.

Selain fokus untuk memenuhi berbagai pesanan kemasan untuk berbagai perusahaan, SMKL juga turut mendukung bisnis berkelanjutan dengan menyediakan kemasan kertas berbahan dasar ramah lingkungan. SMKL sebagai penyedia kemasan kertas juga memperhatikan pengelolaan limbah kertasnya dengan mengirimkan ke pabrik kertas untuk di daur ulang.

Melalui upaya bisnis berkelanjutannya ini SMKL juga telah memperoleh sertifikasi berkelanjutan Forest Stewardship Council (FSC). Lalu, kedepannya SMKL akan memasang panel surya (solar panel) dengan target penghematan biaya listrik sebesar 5-8%. “SMKL pada 2022 menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15%. Kami akan terus berinovasi dan memenuhi permintaan pelanggan SMKL dengan optimal. Semoga SMKL dapat mencapai target tersebut dan menjalankan strategi-strategi kami dengan baik pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” imbuh Herryanto.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)