Sektor Otomotif Sumbang 60% Laba Bersih, Astra Bangun Biz Center

 

PT Astra International Tbk meresmikan beroperasinya Astra Biz Center kedua di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Astra Biz Center ini merupakan sebuah sentra terpadu berskala besar yang menghimpun showroom kendaraan dari semua merek otomotif di bawah grup Astra International di satu kawasan. Nilai investasinya  total Rp 777,25 miliar dan membidik konsumen di wilayah Tangerang Raya, termasuk Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang serta kawasan perumahan seperti Bintaro dan BSD.

Jika ilihat dari pendapatan tahun lalu, maka cukup wajar jika Astra mengembangkan Astra Biz Center, bahkan menjadikan kawasan terpadu ini menjadi model bisnis terbarunya. Pasalnya, lini usaha otomotif masih dominan bagi perolehan laba bersihnya. Berdasarkan kinerja 2016, laba bersih dari bisnis otomotif berkontribusi sekitar 60 persen atau setara Rp 9 triliun dari total laba bersih Astra yang Rp 15 triliun.

Laba bersih lini otomotif itu naik 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan ini akibat kesuksesan peluncuran model baru yang mencapai 14 model baru dan 9 revamped model.

Secara volume unit, penjualan mobil Astra Grup naik 16 persen menjadi 591.000 unit, sehingga pangsa pasar Astra naik menjadi 56 persen secara nasional. Di bisnis mobil, Astra menaungi merek-merek, seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan BMW. Di sisi kendaraan roda dua, penjualan motor PT Astra Honda Motor turun 2 persen menjadi 4,4 juta unit, dengan raihan pangsa pasar 74 persen.

Seperti diketahui, Astra International memiliki 6 lini bisnis lagi, selain otomotif. Yakni jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi, dan properti.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)