Selama Kuartal II/2021 Penjualan Pyridam Farma Meningkat 147%

PT Pyridam Farma Tbk dengan nama emiten PYFA mencatat penjualan sebesar Rp 105,1 miliar pada Kuartal II/2021, meningkat 147% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020. Secara year-to-date, PYFA mencatat penjualan bersih Rp 222,5 miliar pada laporan keuangan per 30 Juni 2021, meningkat 83% dari periode yang sama tahun 2020.

Kenaikan penjualan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan produk farmasi, servis, dan maklon, yang meningkat sebesar 47% dan pertumbuhan penjualan produk alat kesehatan yang meningkat tajam sebesar 725% atau sekitar 8 kali lipat dari tahun sebelumnya. Segmen produk alat kesehatan terus berkembang dengan kontribusi sebesar 24%, dibandingkan dengan 5% kontribusi pada periode yang sama tahun 2020. Sedangkan segment produk farmasi, servis, dan maklon masih mendominasi penjualan dengan kontribusi sebesar 76% dari total penjualan.

Adapun EBITDA yang diperoleh Rp 39,6 miiar atau 261% lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu Rp 10,97 miliar. Kenaikan ini selain didorong oleh pertumbuhan penjualan, juga didorong oleh efisiensi biaya. Rasio biaya operasional terhadap penjualan bersih turun dari 58% pada Semester I/2020 menjadi 37% pada Semester I/ 2021.

Direktur PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) Yenfrino Gunadi mengatakan, “Walaupun masih dalam situasi pandemi, namun berkat perencanaan yang matang dan langkah strategis PYFA berhasil meningkatkan performa yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Kami akan terus aktif untuk mengeksplorasi kesempatan untuk bermitra guna mengembangkan produk dan layanan PYFA untuk seluruh masyarakat Indonesia.”

Pada akhir buku Juni 2021, posisi kas perseroan  berada pada Rp 10,1 miliar dan total aset pada Rp 578 miliar. Sedangkan total liabilitas dan total ekuitas masing-masing berada pada Rp 403,4 miliar dan Rp 174,6 miliar.

Ke depan, perseroan berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengeksplorasi kesempatan untuk menjalin kerjasama strategis dengan berbagai industri untuk memajukan industri farmasi di Indonesia, serta menghadirkan produk-produk yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Selama ini Pyridam Farma memproduksi berbagai macam produk farmasi seperti antibiotik, vitamin, suplemen, dan perawatan herbal tradisional. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 produk dalam bentuk tablet, kaplet, kapsul, sirup krim, dan salep. Selain itu, memproduksi produk resep seperti penisilin dan non-penisilin antibiotik, dan obat penghilang rasa sakit, serta produk non-resep produk vitamin, pencegah flu dan batuk, dan antipiretik.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)