Sinar Eka Selaras Incar Dana IPO Hingga Rp425 Miliar | SWA.co.id

Sinar Eka Selaras Incar Dana IPO Hingga Rp425 Miliar

PT Sinar Eka Selaras Tbk (IDX: ERAL) atau Erajaya Active Lifestyle  (EAL) melangsungkan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek  Indonesia, dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 20% saham kepada publik.

Harga perdana saham ERAL ditawarkan dalam rentang Rp370 – 410. Dengan demikian perkiraan dana segar dari IPO ini sekitar Rp383 miliar hingga Rp425 miliar. Dana dari IPO sekitar 37% akan digunakan untuk ekspansi bisnis eksisting,  kemudian 13,75% untuk mendukung ekspansi bisnis baru, dan 49,25% akan digunakan sebagai  modal kerja.

Aksi  korporasi ini, ERAL menunjuk  PT BNI Sekuritas dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai  joint lead underwriters.  Adapun penawaran awal (bookbuilding) saham ERAL dijadwalkan pada 14 - 26 Juli 2023. Surat  pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan untuk dapat diperoleh pada 31  Juli 2023. Setelah itu, penawaran umum akan dilaksanakan pada 2 – 4 Agustus 2023, dan pencatatan  saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Agustus 2023.

ERAL merupakan emiten yang terafiliasi dengan Erajaya Group serta bergerak di perusahaan  penyedia solusi ritel dan distribusi multi brand terkemuka di Indonesia. ERAL memiliki portofolio  brand yang komprehensif di tiga segmen, yakni Accessories (Ecosystem), Internet of Things (IoT) serta sportswear, fashion dan outdoors. 

Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) Djohan Sutanto mengatakan, IPO yang dilakukan  ini menjadi sebuah upaya untuk memaksimalkan competitive advantage perusahaan yakni, memaksimalkan bisnis perusahaan yang sudah berjalan serta menangkap  peluang-peluang baru di masa mendatang.

“ERAL merupakan pemain utama di industri ritel dan memiliki pasar luas di Indonesia. Kami juga  memberikan solusi inovatif dan layanan yang luar biasa melalui portofolio produk gaya hidup aktif  kelas dunia, didukung oleh jaringan omni-channel yang ada di seluruh Indonesia sehingga menjadi  pilihan utama konsumen di Indonesia”, katanya dalam siaran pers di Jakarta (17/07/2023).

Djohan menyatakan, ERAL optimistis bahwa sektor ritel memiliki potensi besar untuk terus  berkembang di Indonesia. Apalagi, hingga saat ini pertumbuhan ekonomi nasional terbesar masih  ditopang oleh kegiatan konsumsi.

Hingga akhir Kuartal I 2023, lebih dari 50% pertumbuhan ekonomi nasional dikontribusikan dari  sektor konsumsi. Sementara itu mengutip data Badan Pusat Statistik, pada periode tersebut, sektor  konsumsi mencatatkan pertumbuhan 4,54% year on year.

Kini, ERAL telah memiliki berbagai portofolio brand papan atas untuk sejumlah segmen  produk di sektor ritel. Di segmen Accessories (ecosystem), ERAL membawahi berbagai brand produk papan atas, seperti halnya Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, Playstation, Microsoft, JBL dan  sebagainya.  Sementara di segmen Internet of Things (IoT), ERAL membawahi brand DJI, Garmin, GoPro,  Marshall, Segway dan sebagainya.  Kemudian di segmen sportswear, fashion, dan outdoors, ERAL memiliki portofolio brand JD Sports,  ASICS, serta Urban Adventure.

Kinerja keuangan ERAL tahun buku 2022 ciamik dengan  membukukan pendapatan Rp3,04 triliun dengan rata-rata pertumbuhan  tahunan (CAGR) antara 2020-2022 sebesar 24,11%. Pencapaian tersebut didapat dari dukungan  penjualan melalui 28 mono-brand store, 36 toko multi-brand store, 56 distribution centre, serta  official stores di 3 platform e-commerce yaitu Tokopedia, Shopee, dan Blibli.

Selain itu, ERAL sebagai bagian dari Erajaya Group memiliki jangkauan kepada lebih dari 6,5 juta  member MyEraspace yang ada di layanan e-commerce eraspace.com yang menawarkan beragam  tingkatan hadiah dan manfaat eksklusif untuk memudahkan belanja bagi para pelanggan ERAL dan  Erajaya. Hal ini juga turut membantu ERAL meningkatkan pendapatan.  ‘

Sementara itu, laba bersih ERAL pada akhir tahun lalu mencapai Rp184 miliar, dengan rata-rata  pertumbuhan tahunan antara 2020-2022 sebesar 58,60%.

ERAL juga terus memperluas portofolio brand internasional di sektor-sektor yang menjadi fokus ERAL. Hal ini diharapkan akan mampu mendongkrak kinerja perusahaan ke depan.

Guna memaksimalkan pendapatan, ERAL juga didukung oleh jaringan dari Erajaya Group yang  merupakan induk ERAL, yang selama ini menjadi pemimpin pasar untuk distribusi berbagai brand,  terutama yang berkaitan dengan gadget. Hal ini membuat ERAL bertransformasi menjadi  distributor utama untuk sejumlah merek papan atas untuk end-to-end lifestyle products.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)