Capital Market & Investment zkumparan

Unilever Bukukan Laba Bersih Rp5, 7 Triliun Sepanjang 2021

Unilever Bukukan Laba Bersih Rp5, 7 Triliun Sepanjang 2021

Unilever Indonesia, Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp5,7 triliun sepanjang 2021. Meski pertumbuhan penjualan domestik melambat 8,0% tahun 2021, perseroan tetap berhasil mencatat penjualan bersih Rp39,5 triliun. Kategori Foods & Refreshment menjadi penopang utama pertumbuhan dengan kenaikan penjualan 1,4% di 2021.

Ira Noviarti Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan, gelombang kasus Covid-19 pasca libur tahun baru dan Natal serta munculnya varian Delta mengakibatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia di beberapa bulan di tahun 2021, telah memengaruhi daya beli konsumen.

Selain itu, berbagai harga komoditas yang menjadi bahan baku, beberapa di antaranya crude-oil, palm-oil juga mengalami lonjakan harga yang signifikan dibandingkan tahun 2020. Menurutnya, lonjakan harga bahan baku, penurunan daya beli konsumen, dan waktu transisi untuk kembali ke daya beli sebelum pandemi hanyalah sebagian dari berbagai tantangan yang muncul di 2021.

“Oleh karena itu, kami melihat bahwa capaian perseroan di tengah berbagai tantangan hebat ini sebagai sesuatu yang membawa optimisme di tahun-tahun mendatang. Perseroan juga terus menggenjot berbagai produk yang memiliki peluang besar, misalnya dari kategori Foods and Refreshment yang berhasil menopang pertumbuhan tahun 2021,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip SWA Online, Jumat (11/02/2022).

Lebih jauh Ira menjelaskan mengenai ketangkasan kategori Foods and Refreshment menyambut perubahan perilaku konsumen saat pandemi. Seperti terjadinya peningkatan kesadaran konsumen akan kesehatan secara menyeluruh yang dijawab dengan produk-produk seperti Buavita 100% Daily Vitamins Requirements dan Paddle Pop Choco Magma dengan Vitamin D, dan keinginan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga yang dijawab dengan Royco Saus Tiram dan Wall’s Extra Creamy 3in1 Unicorn.

Pada Kuartal IV 2021, perseroan meluncurkan beberapa inovasi lain yang sejalan dengan strategi prioritas perseroan dalam hal perluasan portfolio ke segmen premium dan value serta memperkuat core, di antaranya: Vaseline Gluta-Hya Serum Burst Lotion; Love Beauty & Planet Tucuma Butter & Vanilla dan Vitamin C & Juicy Mandarinb; serta Dove Baby.

Perseroan terus memastikan keberadaan dari produk-produk dengan kemasan dan harga yang terjangkau (Rp 500, Rp1.000, Rp2.000 – harga rekomendasi yang disarankan) dari brand-brand besar yang merupakan bagian penting dari keseharian masyarakat seperti di antaranya Royco, Bango, Rinso, Sunlight, Sunsilk, dan Clear.

Ira menegaskan bahwa dua tahun melewati pandemi bagi perseroan merupakan masa reset dan menyiapkan landasan yang kuat untuk pertumbuhan dan kemenangan jangka panjang. Berbagai pengalaman tersebut juga menjadi dasar dari strategi untuk menjawab berbagai tantangan dengan tepat sasaran, yang diturunkan menjadi lima prioritas strategis Unilever Indonesia di tahun 2022.

Pertama, memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand besar dan produk utama melalui inovasi yang terdepan untuk menstimulasi konsumsi konsumen. Kedua, memperluas dan memperkaya portofolio ke value dan premium segment. Ketiga, memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan modern trade) dan channel masa depan (e-commerce). Keempat, memimpin di digital & data driven capabilities. Kelima, tetap menjadi yang terdepan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan.

Memasuki tahun 2022, perseroan optimistis bahwa dengan strategi prioritas yang perusahaan terapkan saat ini, Perseroan sudah berada di jalur yang tepat untuk kembali menuju pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan. “Kami optimistis bahwa di tahun 2022, seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia, semakin besar juga peluang bagi Perseroan untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang konsisten, kompetitif, menguntungkan, dan bertanggung jawab,” tutur Ira.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved