Yuk, Ikutan Edukasi Investasi BNP Paribas!

Presiden Direktur PT BNP Paribas Investment Partners, Vivian Secakusuma, mengatakan, pihaknya menyadari pertumbuhan jumlah investor dari masyarakat umum untuk berinvestasi melalui reksa dana menunjukkan pertumbuhan yang lambat. Menurutnya saat ini, seluruh investor reksa dana baru mencapai 350 ribu orang secara nasional yang dikelola oleh 70 fund manager di Indonesia. “Paahal jumlah penduduk Indonesia sangat besar artinya masih ada potensi yang belum digarap kemungkinan karena mereka belum mengenal produk reksadana itu,” ujar Vivian.

bnp-paribas-edukasi-investasi-img_20161004_140146

Vivian menegaskan, edukasi investasi khususnya mengenai reksa dana kepada masyarakat penting karena peranannya dalam mendukung pertumbuhan industri reksa dana di Indonesia. Berdasarkan data OJK pada Juli 2016 lalu, nilai kelolaan reksa dana di Indonesia tercatat  Rp 315 triliun, naik hanya 26,31 % dibandingkan Juli tahun lalu. “ Untuk dana kelolaam tumbuhnya cukup signifikan, tetapi jika dilihat dari jumlah investornya masih flat pertumbuhannya,”ungkapnya.

Melihat kondisi tersebut, BNP Paribas lalu berinisiatif meluncurkan program edukasi investasi #AkuBisaInvestasi sebagai komitmen untuk meningkatkan kesadaran berinvestasi bagi masyarakat luas. “Kami sebelumnya sudah beberapa kali melakukan workshop, tetapi yang berminat adalah mereka yang sudah jadi investor, maka program kali ini akan menyasar masyarakat umum yang masih awam dengan produk investasi agar berminat untuk berinvestasi,” ungkapnya. Program ini juga digadang sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah mengenai inklusi keuangan. “Jadi melalui kegiatan edukasi itu nanti kami akan memberikan akses yang lebih mudah dan terbuka kepada masyarakat untuk berinvestasi lewat reksa dana,” jelasnya.

Selain mendukung program inklusi keuangan, Vivian mengaku pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa produk investasinya untuk mendukung program pengampunan pajak alias tax amnesty, khususnya untuk menampung dana repatriasi yang kemungkinan bisa masuk lewat manager investasi seperti BNP Paribas. “Kami ada 16 fund yang bisa dipakai untuk tax amnesty,” ujarnya. Produk tersebut di antaranya adalah Rupiah Plus, Pesona, Equitas, Solaris, Infrastruktur dan Prima USD. Tetapi menurut Vivian, pihaknya tidak menetapkan target untuk dana repatriasi yang akan masuk ke BNP Paribas. “ Kami melihatnya bahwa ini kan sesuai dengan kebutuhan nasabah, jadi kalau memang ada nasabah yang butuh ya kami sediakan alatnya, tapi kami tidak akan menargetkan untuk penjualannya, tidak seperti itu,” jelasnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)