Tantangan Nielsen dalam Mengembangkan SDM di Indonesia

Agus Nurudin, Managing Director Nielsen Indonesia Agus Nurudin, Managing Director Nielsen Indonesia

Sudah berpengalaman di beberapa perusahaan ternama, Agus Nurudin kini menjabat sebagai Managing Director Nielsen Indonesia. Melihat prospek yang bagus di Nielsen menjadi alasan utamanya memimpin perusahaan tersebut. Berikut wawancara SWA Online dengan Agus Nurudin.

Bagaimana perjalanan karier Anda sebelum berada di perusahaan saat ini?

Perjalanan karier saya cukup panjang di berbagai industri. Saya memulai karier sebagai Food Engineer di Ajinomoto, kemudian memasuki bidang komersial di British American Tobacco Indonesia. Setelah itu, perjalanan karier saya berlanjut ke Nestle Indonesia, Arnotts Indonesia, Redbull Company dan Indosat sebelum sampai ke Nielsen Indonesia.

Apa yang mendasari alasan kepindahan Anda  ke perusahaan saat ini?

Yang pertama, reputasi Nielsen sebagai perusahaan global, pemimpin di bidang riset pemasaran dengan jaringan yang sangat kuat dengan berbagai industri. Kemudian,  saya melihat Nielsen adalah perusahaan dengan budaya kerja yang sangat positif dan kuat dalam pembangunan sumber daya manusia.

Pada jabatan yang dipegang saat ini, apa saja yang menjadi tanggung jawab Anda?

Sebagai Managing Director, saya bertanggung jawab menyusun dan menjalankan visi and misi Nielsen di Indonesia untuk mengembangkan bisnis dengan mengembangkan produk  serta layanan terbaik yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai industri di Indonesia, dan bertanggung jawab mengembangkan sumber daya manusia agar mampu berkontribusi dan bersaing dari mulai di tingkat lokal, regional hingga ke tingkat global.

Apa yang menjadi tantangan selama menjabat di posisi saat ini?

Tantangan terbesar saat ini adalah mengembangkan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan keahlian  di berbagai industri, menyeimbangkan prioritas untuk kepentingan jangka pendek, serta kecepatan untuk menangkap dan menjadi bagian dari pasar yang sangat dinamis untuk jangka panjang.

Bagaimana cara Anda meningkatkan skill/kemampuan dengan profesi Anda sekarang?

Manusia dikaruniai kemampuan untuk berpikir dan bersosialisasi. Saya belajar banyak dari semua stakeholder saya baik itu atasan, rekan sejawat, anggota tim, mitra, masyarakat. Saya juga banyak membaca. Kemudian karena banyak melakukan perjalanan bisnis, saya selalu berusaha mengambil pelajaran dari setiap perjalanan tersebut. Saya juga punya prinsip tidak boleh malu untuk bertanya kalau tidak tahu atau belum mampu.

Apa target yang akan Anda lakukan selama menjabat?

Misi saya adalah membentuk Nielsen Indonesia menjadi organisasi yang lebih solid dan lebih kuat dengan sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi di bidangnya, memiliki motivasi tinggi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan klien dan industri ke depannya, dan siap untuk berkompetisi di tingkat regional dan global.

Bagaimana strategi Anda untuk mencapai target tersebut?

Pertama, dari sisi sumber daya manusia. Bersama tim Nielsen Indonesia kami merekrut dan mengembangkan sumber daya manusia terbaik dari dan untuk masing-masing industri. Selain itu terus melakukan inovasi dan melakukan penetrasi ke berbagai industri yang akan menjadi berkembang di masa depan.

Pencapaian apa saja yang sudah Anda raih selama menjabat di perusahaan saat ini?

Rasanya akan lebih tepat kalau orang lain yang menilai pencapaian saya. Yang saya bisa katakan saat ini adalah dengan kondisi ekonomi Indonesia yang tumbuh dan stabil maka Nielsen Indonesia menjadi lebih komunikatif dengan klien dan business partnernya, menjadi pilar pertumbuhan bagi wilayah sekitarnya  dan menjadi sumber talent bagi industri.

Apa rencana ke depan untuk karier Anda saat ini?

Saya hanya ingin memberikan yang terbaik bagi perusahaan, klien dan business partner; serta ikut berkontribusi mendorong kemajuan Indonesia melalui kemampuan yang saya miliki. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)