CEO Ancol: Sea World akan Dikembangkan Hingga 6 Kali Lipat

Obyek wisata Ancol sudah familiar bagi orang Jakarta, bahkan di daerah-daerah. Tempat rekreasi terintegrasi itu belum lama ini membetrikan bocoran bahwa pihaknya akan melakukan pembangunan baik di ranah wisata maupun rekreasi. Salah satu yang mendapat perhatian besar adalah Sea World. Tidak main main, Sea World akan diperbesar hingga 6 kali lipat ukuran semula.

Dalam suatu kegiatan, SWA Online melakukan perbincangan dengan C. Paul Tehusijarana, Presiden Direktur dari PT Pembangunan Jaya Ancol. Berikut wawancaranya:

Saat ini destinasi wisata merupakan salah satu tempat hiburan yang banyak dicari orang. Bagaimana Ancol menyikapi hal ini?

Saat ini kebutuhan pariwisata, terutama terkait dengan wahana memang semakin besar. Banyak pemain lama maupun baru mulai mengembangkan di sektor wisata dengan ciri khas masing masing. Demikian pula dengan kami. Selama ini yang menjadi ciri khas dari kami adalah lokasi Ancol di pinggir pantai. Namun, tidak sampai di situ saja tentunya. Beberapa pengembangan akan kami lakukan seperti pengadaan wilayah hijau yang akan kami lakukan dalam waktu dekat.
paul
Apa saja yang akan dilakukan oleh Ancol dalam waktu dekat?

Untuk mendukung bisnis ini, kami melakukan pendanaan dengan menerbitkan surat utang obligasi sebesar Rp 1 miliar dalam kurun waktu selama 3 dan 5 tahun penawaran. Jadi memang ada 2 tahap. Dari obligasi itu, kami akan melakukan pengembangan 60% untuk wahana dan 40% untuk properti.

Terkait dengan wahana, alokasinya hingga 60%. Kira kira apa saja yang ditambah dan dimanfaatkan?

Seperti yang tadi saya katakan, Ancol memiliki ciri khas berada di dekat pantai. Nah, wahana yang ada kaitannya dengan hal ini akan kami beri perhatian, contohnya Sea World dan Gelanggang Samudra. Kami akan menjadikan kedua hal tersebut menjadi satu integrasi, di mana nanti venue Gelanggang Samudra lebih ke outdoor, sedangkan Sea World akan lebih indoor. Kami akan perbesar Gelanggang Samudra ini menjadi 6 kali lebih besar dari ukuran sekarang. Banhkan bisa jadi nanti Sea World Ancol menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Tidak hanya sampai di situ, beberapa wahana seperti eco-lite edukasi juga kami unggulkan. Saat ini di Ancol sudah ada Fauna Lite. Isinya binatang unik dari seluruh Indonesia. Demikian pula dengan Flora akan kami jajaki melalui pengembanan di wilayah hijau. Dan tentu saja kawasan dunia fantasi masih menjadi perhatian kami. dalam beberapa waktu terakhir, kami baru saja menawarkan beberapa wahana baru seperti Ice Age dan Hello Kitty. Kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan juga akan ada penambahan wahana.

Dari sisi strategi, apa yang akan dilakukan Ancol agar bisnisnya terus berkesinambungan?

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)