CEO Clean Motion, Produksi Small Car Seharga Rp 90 Juta

Siapa sangka dari negara yang jumlah penduduknya kurang dari 10 juta orang, bisa lahir perusahaan-perusahaan ternama yang dipandang punya sesuatu yang berbeda dengan perusahaan sejenis lainnya? Itulah Swedia! Negara ini dikenal sebagai negara yang penuh dengan inovasi. Swedia dinilai sebagai yang paling inovatif di Eropa untuk ketiga kali berturut-turut. Dan berdasarkan Global Innovation Index, Swedia menempati peringkat kedua dalam bidang inovasi.

Ewa Polano, Duta Besar Swedia untuk Indonesia (paling kiri)

“(Inovasi) adalah tradisi yang kita banggakan,” terang Ewa Polano, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, dalam konferensi pers National Day Swedia dan perayaan Midsummer, di Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah perusahaan asal Swedia hadir, diantaranya Volvo, IKEA, TetraPak, dan Clean Motion. Perusahaan Clean Motion yang didirikan pada tahun 2009 di Swedia, hadir di Indonesia membawa produk kendaraan uniknya. Jika dilihat sepintas, kendaraan ini mirip dengan bajaj. Mungkin bisa disebut ini sebagai bajaj modern. Nama kendaraan itu disebut Zbee.

Ewa pun mengatakan, “Clean Motion telah mengembangkan sebuah kendaraan listrik yang unik dan sangat mengesankan. Sebuah contoh yang sangat bagus tentang betapa inovatifnya teknologi lingkungan Swedia yang bisa sangat besar manfaatnya untuk Indonesia.” Disebutkan pula, Zbee bisa memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi lingkungan kota yang lebih baik.

SWA Online pun berkesempatan melakukan wawancara dengan CEO Clean Motion, Göran Folkesson, di sela-sela kegiatan tersebut. Berikut petikan wawancaranya.

CEO Clean Motion, Göran Folkesson

Zbee tergolong kendaraan apa?

Ini bisa disebut sebagai kendaraan kecil (small car). Itu bisa mengangkut tiga orang, yaitu supir dan dua orang penumpang.

Zbee memang tidak mempunyai pintu?

Ya, itu tidak punya pintu. Tapi bisa juga dipasangkan semacam pintu yang sederhana. Yang jelas, ini kendaraan yang sangat ringan. Hanya 230 kilogram. Dengan panjang 2.400 milimeter, tinggi 1.500 milimeter, dan lebarnya 1.250 milimeter.

Bagaimana konsumsi energi kendaraan ini?

Jadi, ini kendaraan yang menggunakan energi sangat efisien. Ini kendaraan elektrik (menggunakan listrik). Tidak ada emisi dan polusi.

Seperti apa jarak tempuhnya?

Anda bisa menggunakannya untuk 50 kilometer. Setelah itu, perlu mengisi ulang. Itu memakan waktu sekitar tiga jam untuk mengisi batere. Tapi kalau trafik lalu lintas rendah, maka tidak jadi masalah, karena tidak ada energi yang dikonsumsi ketika Zbee tidak bergerak. (Sebagai catatan, konsumsi energi Zbee adalah 4 kWh per 100 kilometer.

Zbee

Kapan produksi pertama?

Kami memproduksi Zbee di Banyuwangi, Jawa Timur, pada bulan Agustus tahun ini. Ini lebih kepada produksi percontohan sekitar 100 unit di tahun ini. Dan tahun depan, kami akan membangun pabrik yang lebih besar. Mungkin kami akan punya kapasitas produksi sekitar 1.000 unit per tahun. Namun, kami belum memutuskan letak pabriknya. Ya, bisa jadi di Jakarta atau Banyuwangi.

Di Indonesia, kami joint venture dengan PT Lundin Industry, di Banyuwangi. Investasinya untuk memproduksi 100 unit itu sekitar US$ 1 juta. Dan harga satu unit Zbee mungkin sekitar Rp 90 juta. Tapi kami juga akan membuat model yang lebih sederhana. Begitu kami memulai produksi, kami akan memangkas biaya. Harga Zbee akan kompetitif.

Zbee rencananya akan dipasarkan dan digunakan di mana saja? 

Itu akan digunakan di mana saja. Kami akan mencoba menggunakan kendaraan di beberapa tempat yang berbeda. Sebagian akan digunakan di Jakarta, sebagian mungkin di Bali, dan di Surabaya.

Selain di Indonesia, Zbee sudah dipakai di negara lain?

Sekarang kami produksi di Swedia. Dan Indonesia akan menjadi negara kedua. Mungkin kami akan memproduksi di beberapa tempat di Eropa dan Indonesia juga.

Kami cukup optimistis karena saya pikir ini kendaraan global. Jadi, Zbee tidak hanya bisa digunakan di Swedia saja, tetapi bisa di Indonesia dan di manapun. Ini kendaraan yang sederhana tapi sangat efisien. Itu kuncinya.

Sebagai informasi, rencananya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, akan melakukan test drive Zbee, di Kantor Gubernur, bersama dengan Göran, dan sejumlah pihak terkait, pada Rabu (12/6) siang ini. Terkait dengan Clean Motion, rencananya, perusahaan ini akan membuka kantor di Singapura pada bulan Agustus mendatang demi memasarkan kendaraan ini di negara-negara Asia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)