CEO Commeta: Penggunaan Voucher Makin Diminati

alexSebagai salah satu pemilk perusahaan yang bergerak di bidang penyedia berbagai macam produk kebutuhan aktivitas marketing dan promosi, CEO PT Commeta Niaga Raya, Seftianus Ting, mengungkapkan, penggunaan voucher belanja sebagai hadiah makin diminati oleh para perusahaan.

Di Commeta sendiri, ia mengungkapkan, pembelian hadiah berupa voucher mendominasi permintaan dari para kliennya, mengalahkan permintaan atas barang barang tertentu. Lalu apa saja sebenarnya keuntungan menggunakan voucher dalam aktivitas marketing dan promosi? Bagaimana prospek bisnis tersebut? Berikut penuturan Seftianus Ting kepada SWA Online:

Apa aktifitas bisnis dari PT Commeta Niaga Raya?

Kami bergerak sebagai penyedia berbagai macam produk untuk kebutuhan aktivitas marketing dan promosi. Misal ada perusahaan mengadakan program hadiah atau reward, mereka biasanya bekerja sama dengan kami. Kami yang akan urus semuanya, mulai dari konsep, pengadaan hadiahnya, sampai sampai tujuan akhir pengiriman.

Bukankah hal tersebut bisa dilakukan langsung perusahaan ? Apa nilai tambah yang di dapat bila bekerja sama dengan Commeta

Tentu bisa lebih efisien dan perusahaan tidak perlu repot. Kalau mereka butuh 10 barang misalnya untuk program hadiahnya, mereka perlu menghubungi 10 pihak. Kalau dengan kami, tinggal menghubungi kami, kami itu multi produk dan merupakan distributor dari berbagai merek barang. Kalau misal beli satu barang tak masalah, tapi kalau belinya banyak kami bisa memberikan lebih banyak nilai tambah. Lagipula kami terintegrasi, tak cuma pengadaan tapi juga sampai ke delivery. Perusahaan tinggal tahu beres.

Barang-barang seperti apa yang biasanya digunakan dalam program reward atau hadiah?

Dulu banyak elektronik, tapi sekarang kecenderungannya orang lebih suka memberikan voucher, seperti Voucher MAP, voucher Carrefour dengan nominal tertentu.

Bagaimana gambaran minat dari penggunaan voucher dalam program hadiah?

Di Commeta sendiri hampir 70 persen klien kami lebih memilih membeli voucher belanja sebagai hadiah.

Menurut Anda kenapa ada pergeseran tren ke voucher ? Apa alasanya?

Karena orang lebih suka bila dikasih voucher, mereka bisa memilih hadiahnya sendiri. Kalau diberi barang mungkin barang yang diberikan bukan yang diharapkan. Walau tetep saja sama-sama senang, kan dapat hadiah. Idealnya dikasih voucher sih kalau untuk konsumen.

Voucher apa yang dapat di beli di Commeta, apakah Commeta mencetak voucher sendiri?

Tidak kami tidak mencetak voucher sendiri. Kelebihan Commeta, kami netral universal tidak ada merek. Kami menjual voucher-voucher dari partner kami misalnya seperti voucher MAP, Carrefour, Hypermart, Metrox, Ace Hardware, Harvest, Suhi Tei, Gramedia, Pizza Hut, Alfamart dan lain-lain

Apa keuntungan membeli voucher melalui Commeta dibanding misal langsung ke partner-partner?

Bisa lebih mudah, murah dan cepat bila melalui kami. Kenapa bisa lebih murah, karena kami biasa beli dalam jumlah besar ke partner-partner dan bisa lebih mudah karena di kami stoknya selalu ada, dan bisa langsung digunakan. Kalau ke partner kami biasanya ada batas minimum pembelian dan ketika memesan jumlah besar terkadang harus menunggu. Kalau ke kami, perusahaan bisa membeli berapa pun yang mereka butuhkan, tak harus dalam jumlah besar, kecil pun bisa, stok kami biasanya selalu ada dan kami kirimikan tak harus ambil sendiri. Kami pun memfasilitasi sistem term of payment. Jadi misal kalau ke partner kami harus bayar saat itu juga, kalau kami bisa nanti, atau jangka waktu tertentu.

Ke depan ada rencana ingin punya merek voucher sendiri?

Ada rencana ke sana tapi mungkin lebih ke e-voucher.

Pemain di bisnis penyedia berbagai macam produk kebutuhan aktivitas marketing dan promosi banyak tidak sih?

Masih sedikit, selain kami ada Sodexo. Tapi kalau mereka punya merk voucher sendiri.

Bagaimana Anda melihat potensi bisnis penyedia berbagai macam produk kebutuhan aktivitas marketing dan promosi?

Saya rasa akan tetap bagus, karena perusahaan tentunya pasti akan selalu punya prohram-program hadiah maupun reward.

Saat ini sudah berapa klien yang Anda tangani?

Banyak. Tapi paling banyak di perbankan, hampir semua bank klien kami. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)