CEO Gunnebo : Dua Tahun lagi, Indonesia Bisa Masuk 5 Besar

Selama lebih dari 40 tahun, Gunnebo, perusahaan keamanan internasional, telah menyediakan produk, solusi, serta layanan keamanan baik untuk korporat ataupun ritel. Perusahaan yang berkantor pusat di Swedia ini mengklaim menjadi pemimpin pasar di Indonesia dan pentas global.

Gunnebo hadir di Indonesia melalui PT Indolok Bakti Utama. Perusahaan itu memproduksi perlengkapan serta solusi keamanan yang efisien dan inovatif untuk bisnis keuangan dan pemerintahan. Tahun 1973, Gunnebo kembali membentuk anak perusahaan baru bernama PT Chubb Safes Indonesia. Dalam kurun waktu 40 tahun, perusahaan ini telah menyediakan berbagai produk seperti lemari besi, brankas, CCTV, dan pemadam kebakaran, berikut purna jualnya.

Per Borgvall, President and Chief Executive Officer (CEO) Gunnebo AB

Per Borgvall, President and Chief Executive Officer (CEO) Gunnebo AB, mengatakan, Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Gunnebo. Hal itu bisa dilihat dari pesatnya pembangunan disegala sektor bisnis dan industri yang mendorong penetrasi permintaan produk besutan Gunnebo.

Di sela-sela perayaan 40 tahun Gunnebo Indonesia, Borgvall mengemukakan optimismenya terhadap pasar Indonesia. Seperti apa rencana pengembangan bisnis Gunnebo di Indonesia?. Apa saja targetnya?. Berikut petikan wawancara Reporter SWA Online, Ario Fajar, dengan Borgvall.

 

Bagaimana perkembangan Gunnebo Indonesia sejauh ini?

Kinerja Gunnebo Indonesia sangat menggembirakan. Selama lebih dari 40 tahun kami menjadi pemimpin pasar, baik di tingkat global ataupun di Indonesia. Hingga kini, Gunnebo Indonesia telah memiliki 22 kantor cabang dan 25 agen resmi untuk produk storage dan fire products yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berapa persen pangsa pasar lokal?

Kami memiliki lini bisnis yang cukup banyak. Mulai dari bank security, secure storage, global services, entrance control dan fire product. Produk kami rata-rata menjadi pemimpin pasar. Seperti pangsa pasar brankas yang mencapai 40%. Sisanya rata-rata memiliki pangsa pasar 25%.

Siapa saja konsumen Gunnebo?

Konsumen kami berasal dari tingkat korporat dan ritel. Untuk korporat misalnya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia, PT International Nickel Indonesia, BUT Chevron Geothermal Salak, PT Newmont Nusa Tenggara, PT Doosan, HM Sampoerna, dan masih banyak lagi

Bagaimana kinerja penjualan dan pertumbuhan bisnis Gunnebo Indonesia?

Bisnis Gunnebo Indonesia berkembang lebih cepat dibandingkan perkembangan pasar di Indonesia sendiri. Setiap tahun pertumbuhan bisnis Gunnebo Indonesia mencapai 15%.

Seberapa penting Gunnebo Indonesia untuk grup?

Sangat penting. Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi kami dalam hal produksi. Pabrik berteknologi tinggi yang berlokasi di Jakarta merupakan bagian dari grup, memproduksi lemari besi, vaults, vault door, untuk para pelanggan di seluruh dunia dan telah mendapatkan sertifikat internasional. Jadi sebagian produksi dari Gunnebo Indonesia, diperuntukkan pula untuk pasar ekspor.

Berapa investasi yang grup tanamkan di Indonesia?

Sebagai bagian dari ambisi Gunnebo untuk memperkuat posisi global serta posisi lokalnya di Indonesia, grup telah menanamkan modal untuk lebih meningkatkan kinerjanya di negara ini. Tahun lalu, Gunnebo menanamkan Rp 25 miliar untuk pabrik di Jakarta, dengan tujuan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 20%. Investasi ini diharapkan akan membantu pabrik dalam memenuhi permintaan pasar akan produk Gunnebo.

Bagaimana posisi Gunnebo Indonesia diantara negara lain?

Pada kuartal ketiga 2012, Indonesia menduduki peringkat ke delapan terbesar dalam group Gunnebo. Kontribusi terbesar masih berada di kawasan Amerika dan Eropa.

Ada target menjadikan Indonesia ke posisi pertama?

Targetnya bukan itu, melainkan menjaga pertumbuhan yang baik ini agar terus terjaga. Kami tidak pernah takut untuk melakukan investasi lebih apabila kami melihat adanya kesempatan untuk mendorong pertumbuhan. Kami bertujuan untuk melipatgandakan pendapatan kami di Indonesia. Saya yakin, dua tahun lagi, Indonesia bisa masuk lima besar.

Berapa dana investasi yang akan dikucurkan ke depan?

Saya belum bisa mengatakan angkanya sekarang karena kami adalah perusahaan publik yang harus berhati-hati soal angka. Namun yang pasti, komitmen kami untuk berinvestasi di Indonesia sangat besar. (EVA)

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)