CEO Pos Indonesia: Channel is The King

Dengan jaringan outlet milik sendiri sebanyak 4.067 dan 12.000 Agen Pos di seluruh Indonesia, PT Pos Indoensia boleh dibilang sebagai Raja Jaringan di Indonesia. Berbagai bisnis pun bisa dilakukan oleh Pos Indonesia, seperti melakukan pembayaran berbagai rekening: listrik, telepon, air, kartu kredit, bahkan remitansi. Properti milik Pos Indonesia juga kini didayagunakan sehingga bisa menjadi tambahan pendapatan baru. Bagaimana pengembangan bisnis Pos Indonesia dilakukan? Budi Setiawan, Direktur Utama PT Pos Indonesia memaparkannya kepada Dadi A. Salim:

 Budi Setiawan, Direktur Utama PT Pos Indonesia Budi Setiawan, Direktur Utama PT Pos Indonesia

Berapa jumlah jaringan/cabang/titik layanan PT Pos Indonesia sekarang?

Sampai saat ini dapat dikatakan bahwa Pos Indonesia masih tetap sebagai salah satu perusahaan jasa dengan jaringan distribusi terbesar di Indonesia. Pos memiliki outlet sendiri sebanyak 4.067 kantor pos, yang dimiliki Kantor Pos. Di samping itu sudah membuat chanel distribusi baru atau agen, angka yang tercatat ada sekitar 12 ribu agen-agen pos di seluruh Indonesia di setiap kecamatan. Komposisi sebaran outlet sekitar 46% di Pulau Jawa dan 54% di luar Pulau Jawa.

Bagaimana strateginya untuk memperluas jaringan?

Untuk strategi pengembangan di daerah itu ada. Jadi Kantor Pos itu multi bisnis. Jadi selama masih banyak konten bisa ditaruh di kantor pos itu bisa hidup. Dulu kenapa tidak hidup, karena kontennya sedikit. Sekarang konten-konten yang bisa kita lakukan ada macam-macam, ada mail, logistik, kemudian ada parcel, kita juga ada remitansi, serta pos paid. Pos paid itu sekarang kita dorong untuk dapat dilakukan di agen. Jadi kita harapkan dengan banyaknya bisnis tadi, itu bisa menghidupkan Kantor Pos.

Strategi perluasan jaringan dilakukan dengan dua metode, yaitu:

  • Secara kemitraan dengan pihak ketiga (agency)

  • Dilakukan sendiri (baik berupa Kantor Pos, Kantor Pos cabang, maupun loket ekstention dan pos keliling kota)

Apa upaya yang sudah dilakukan untuk me-leverage jaringan yang dimilikinya untuk pengembangan bisnis baru?

Pages: 1 2 3 4

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)