Di Balik Misi Andi S. Boediman Gaet SingTel

Tidak sedikit profesional yang memiliki misi mulia. Melalui bisnis yang dibangun, mereka merancang sistem serta saluran untuk memajukan lingkungan. Salah satu contohnya adalah langkah Andi S. Boediman bersama SingTel.

Melalui Shopify, punggawa tertinggi Ideowork ini berhasil menggaet SingTel untuk berkolaborasi. Shopify adalah platfom jual beli (e-commerce) yang berbentuk seperti blog. Apa misi di balik kolaborasi tersebut? “Saya ingin memajukan UKM di Indonesia” ujar pria murah senyum ini.

Andi S. Boediman, Chairman Ideoworks Andi S. Boediman, Chairman Ideoworks

Andi berharap, Shopify bisa membantu para usaha kecil dan menengah (UKM) bisa menggunakan media internet sebagai salah satu saluran penjualan dan promosi serta membantu produk UKM melanglang ke mancanegara. Bukan hanya lewat Shopify, penggemar travelling ini juga dikenal memiliki perhatian khusus terhadap UKM melalui perusahaan-perusahaan digital yang dikelolanya.

Bagaimana cara Andi mengejar misinya tersebut? Berikut nukilan wawancara Reporter SWAOnline Nidauul Khasanah dengan Bapak dua anak ini.

Apa alasan Ideoworks berkolaborasi dengan Shopify?

Saya melihat di Indonesia bermunculan bisnis e-commerce dan banyak dari mereka yang ingin membuka toko milik sendiri. Lalu pertanyaannya adalah karena mereka tertarik masuk, lantas apa alat bantunya?. Nah, Shopify adalah solusi yang tepat untuk membuka toko sendiri. Akhirnya saya bersama Ideoworks berkolaborasi dengan SingTel.

 Apa manfaat menghadirkan Shopify?

Dengan Shopify, toko online dapat dikelola dan langsung siap melakukan transaksi hanya dengan beberapa langkah saja. Pebisnis dapat membuat sebuah toko online dalam sekejap dengan harga yang terjangkau. Shopify menjadi platform e-commerce yang dinilai unggul oleh para pebisnis dan jurnalis, dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya, memiliki desain toko yang lengkap, canggih, dan layanan pelanggan yang responsif. Shopify juga dilengkapi beragam aplikasi yang dapat dipilih apabila pebisnis ingin meningkatkan fungsionalitas dari toko. Ini adalah bagian dari apa yang membuat Shopify begitu mudah digunakan, kuat, dan fleksibel.

Jadi misi Anda untuk membantu UKM?

SingTel adalah perusahaan besar. Kerjasama ini adalah salah satu hubungan mitra terbesar dalam bisnis Ideoworks. Artinya, kami melihat mereka memiliki nilai yang luar biasa dalam proses brand. Nilai yang kami tawarkan pada Shopify yaitu akses kepada lokal. Saya memiliki banyak akses di banyak tempat selain di Jakarta, bertemu dengan pedagang, retail, dan pebisnis yang ingin go online. Ini sebenarnya nilai yang saya miliki yang akan kami bawa pada SingTel.

Di Ideoworks, posisi saya sebagai komisaris. Tugas saya yaitu mengatur strategi. Strategi tersebut adalah startegi bagaimana perusahaan ini menjadi perusahaan yang membantu UKM di Indonesia untuk bisa mengatur mereka agar memiliki online store dan dapat go international. Ekspektasi kami sebenarnya seperti itu.

Berarti perlu kompetensi khusus?

Kompetensi yang dibutuhkan adalah memiliki hubungan dan jaringan yang sangat bagus. Misalnya pengalaman saya di Telkom. Kemudian rekan-rekan saya di dunia e-commerce semua sangat membantu dalam hal ini. Pasalnya, untuk menjangkau UKM di Indonesia membutuhkan infrastruktur. Infrastruktur tersebut melalui komunikasi, bertemu dengan mereka satu persatu, dan ada proses edukasi.

Seberapa besar kontribusi Ideoworks membantu UKM?

Ideoworks masih sangat baru. Kami baru mulai awal tahun 2013 dan sudah memiliki beberapa mitra kerja.

Apa target Anda?

Saya menargetkan bisa mengakuisisi sekitar 300-500 merchant tahun ini. Maksudnya, adalah saya ajak mereka untuk bebisinis online melalui platfom Shopify ini.

Kalau target Ideoworks adalah membantu UKM lokal untuk go international. Itu adalah mimpi saya sejak 2007. Target pribadi yaitu pada tahun 2020 saya memiliki 20.000 UKM Indonesia yang sudah go online dan sedikitnya ada 2000-3000 UKM Indonesia yang bisa go international.

Bagaimana cara meraih target itu?

Sederhana: dengan bekerja keras.

Tantangan apa saja yang kerap kali dijumpai?

Waktu,biaya, dan butuh partner yang besar dan banyak. Pasalnya, tidak mungkin saya bekerja sendiri. Jadi yang saya lakukanadalah bermitra. (Nidauul/Ario)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)