Ganti Identitas Merek, Adira Finance Serius Garap Komunitas

Meski sudah menjadi perusahaan pembiayaan terbesar, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk terus berbenah. Kali ini, perusahaan yang berdiri tahun 1990 ini mengubah identitas merek (brand Identity) guna memperbesar porsi pangsa pasarnya di Indonesia. Perusahaan yang menjadi bagian Temasek Holdings ini serius menggarap komunitas sebagai aksi korporasinya ke depan.

Keseriusan Adira memang tidak main-main. Perusahaan yang identik dengan warna kuning ini baru saja meresmikan identitas dan janji merek atau tagline terbaru. Perubahan itu diharapkan juga dapat mengukuhkan komitmen sebagai mitra yang peduli dengan para konsumen setia. Dengan tagline "Sahabat Setia Selamanya", Adira optimis bisa memberikan pengalaman bersahabat serta terjalin hubungan jangka panjang.

Willy Suwandi Dharma, Direktur Utama Adira Finance (tengah) Willy Suwandi Dharma, Direktur Utama Adira Finance (tengah)

Willy Suwandi Dharma, Direktur Utama Adira Finance, mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan misi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Menurutnya, dengan menyediakan produk dan layanan yang beragam sesuai siklus kehidupan konsumen, Adira bisa menjelma sebagai perusahaan yang mampu membantu masyarakat Indonesia, bukan sekedar memberikat kredit pembiayaan.

"Kami berharap melalui perubahan ini Adira Finance menjadi lebih dari sekedar perusahaan pembiayaan dan dapat merangkul para konsumen dan komunitas dengan menjadi sahabat setia selamanya," ujar pria berkacamata ini.

Lantas, apa yang melatarbelakangi perusahaan mengubah identitas mereknya?. Apa dampaknya terhadap bisnis? Jurus apa yang dikerahkan untuk memenangkan persaingan? Berikut petikan wawancara reporter SWA Online, Ario Fajar, dengan Willy Suwandi.

Apa yang melatarbelakangi perusahaan mengubah identitas?

Kebijakan ini sudah dipikirkan sejak dulu. Prosesnya sendiri berlangsung sekitar 7-8 bulan. Langkah ini diambil karena ada temuan survei tentang merek sehingga kami perlu memperbarui identitas kami.

Seperti apa temuan surveinya?

Adira selalu menempati peringkat pertama dari berbagai macam lembaga survei. Misalnya tentang lembaga pembiayaan mobil dan motor yang paling banyak dilirik. Jawaban masyarakat adalah Adira Finance. Lalu, kami coba konfirmasi sendiri apakah benar nama Adira Finance kuat dimasyarakat. Kami bekerjasama dengan agency untuk melakukan tinjauan ini. Hasilnya, brand awardness Adira Finance sangat kuat di kota-kota besar. Adira dikenal sebagai lembaga pembiayaan yang suka membangun hubungan dengan baik. Dari awardness itu, kami coba meleverage sehingga merek kami bisa lebih kuat ke pelosok-pelosok.

Seperti apa perubahannya?

Secara bentuk tidak berubah, hanya ada perubahan warna, logo lebih ceria dan segar sesuai dengan segmen pasar. Penggunaan kata "sahabat" merupakan singkatan dari nilai-nilai kepribadian yang dicerminkan Adira Finance kepada para konsumen, yaitu : cerdas, dipercaya, ramah, adira memberikan kemudahan, mau peduli dan komitmen.

Adakah tujuan khusus dari perubahan identitas ini?

Peranan sebuah merek tidak hanya sekedar nama bagi kami, lebih dari itu sebuah merek adalah cara kami berdialog dengan konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan merek dengan indentitas yang kuat sehingga konsumen menyadari bahwa mereka dapat mempercayakan Adira Finance dalam memenuhi kebutuhan mereka untuk meraih kehidupan yang lebih baik.

Dengan perubahan identitas, apakah akan merubah fokus perusahaan?

Berdasarkan survei yang disebutkan sebelumnya, maka kami serius untuk fokus menggarap komunitas ke depannya.

Komunitas seperti apa yang akan digarap?

Komunitas yang kami maksud adalah para mitra bisnis. Pertama, konsumen di mana saat ini kami memiliki 3,9 juta konsumen aktif atau secara total 10 juta konsumen yang telah menggunakan jasa kami. Kedua, diler mobil dan motor baru dan bekas di mana totalnya hingga saat ini mencapai 11 ribu diler. Ketiga, agensi yang berjumlah 4000 agen. Terakhir, 30ribu karyawan Adira Finance yang juga menjadi bagian komunitas . Hingga saat ini kami juga memiliki 698 jaringan.

Bagaimana cara agar perubahan ini bisa sampai ke komunitas?

Cara pertama adalah mengundang 700 kepala cabang, wakil kepala cabang serta area manager. Kami kumpulkan mereka ke dalam satu forum untuk menginformasikan ke komunitas. Kedua, kami gelar jumpa media sehingga perubahan ini bisa diketahui oleh banyak orang.

Apa target pencapaian dari pendekatan ke komunittas?

We are not credit but we build relationship. Itu yang kami harapkan ke depannya.

Termasuk mengelola kartu keanggotaan?

Benar. Saat ini kami memiliki kartu keanggotaan bernama "Adira Finance Club". Keuntungan dari pemegang kartu tersebut adalah bisa mendapatkan diskon dari merchant-merchant yang bekerjasama dengan kami, dapat akses ke acara Adira dibeberapa daerah, serta anggota bisa membayar angsuran secara online.

Apakah perubahan identitas akan mempengaruhi kinerja perusahaan ke depannya?

Saya harap bisa begitu. Misalnya, kami mengharapkan adanya repeat order dari exsisting consumer hingga 20-30% bahkan 100% tiap tahun.

Bagaimana dengan pasar pasar dan dana penyaluran?

Kami melayani 3,9 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola sebesar Rp 45,6 triliun dan menguasai pangsa pasar 15,7% untuk sepeda motor baru dan 5,7% untuk mobil baru. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)