Hansen Lie: Tahun 2015 Tren Smartphone Selfie Makin Diminati

Sebagai pelopor ponsel lokal di Indonesia, Mito Mobile makin percaya diri menggarap ceruk pasar yang lebar ini. Sejumlah gebrakan dilakukan Mito sehingga menjadi market leader smarphone lokal di Tanah Air. Bagaimana rencana pengembangan bisnis tahun 2015, berikut penuturan Hansen Lie, Direktur Utama Mito Mobile.

(kiri) Hansen Lie, Direktur Utama Mito Mobile (kiri) Hansen Lie, Direktur Utama Mito Mobile

Bisa di-update tentang pencapaian smartphone Mito 2014? Berada di posisi mana? Dan menguasai market share berapa persen?

Tahun 2014 Mito berhasil menguasai pasar smartphone sebesar 25% dari shipment smartphone Indonesia. Saat ini berada dalam 3 besar smartphone.

Tipe apa saja yang menjadi andalan Mito yang mendorong terhadap penjualan di tahun 2014? Serta berapa rata-rata penjualan Mito setiap bulannya pada 2014?

Tahun ini adalan smartphone Mito adalah Fantasy Selfie A77 dan A18.  Rata-rata penjualan Mito di tahun 2014 mencapai market share sekitar 25% pangsa pasar

Mito selalu identik dengan selfie dan identik dengan taqline “Mito Jangonya Selfie”, Apakah memang itu akan menjadi ciri khas yang membedakan Mito dengan brand lainnya?

Selfie merupakan tren yang sudah identik dengan Mito saat ini dan kami akan mempertahankan ciri khas ini sampai di 2015 mendatang. Termasuk di tablet juga ada selfie T777.

Ada berapa tipe selfie series yang sudah dirilis di 2014? Dan bagaimana pula respon pasarnya?

Tahun 2014 sudah meluncurkan tiga tipe smartphone selfie dan 1 tablet selfie. Respona pasar sangat baik sekali karena saat ini hanya Mito yang mengusung fitur kamera Selfie.

Bagaimana Anda melihat tren selfie tahun depan, apakah masih tetap akan jadi tren? Dan bagaimana pula harapannya?

Saya melihat tren selfie akan tetap bertahan di tahun depan dan akan semakin kuat permintaan konsumen untuk kamera selfie. Harapan saya fungsi kamera selfie ini akan digunakan dengan banyak cara yang kreatif. Dan Mito akan selalu berinovatif untuk mengembakan handphone selfie yang lebih value-added

Akan ada berapa tipe smartphone selfie yang akan dirilis oleh Mito di 2015?

Kami berencana mengeluarkan 1 tipe selfie baru setiap kwartalnya di tahun 2015.

Selain smartphone, apakah akan ada tablet selfie? Bisa dijelaskan tablet tipe apa saja yang akan menggunakan konsep dan desain selfie?

Untuk saat ini hanya 1 tipe tablet yang memiliki fitur kamera selfie yaitu T777. Desainnya super slim dan kamera yang dipakai juga cukup tinggi yaitu 8 megapixels.

Selain selfie series, akan ada berapa tipe smartphone yang akan di rilis 2015? Serta akan ada berapa tipe tablet yang akan dirilis?

Kami akan merilis sekitar 5 tipe smartphone dan 3 tablet setiap kwartal di tahun 2015 nanti.

Selain teknologi kamera, inovasi teknologi apa yang akan dikembangkan oleh smartphone Mito dan tablet Mito di 2015?

Mito akan mengembangkan custom ROM dengan developer lokal dan juga akan memberikan content lokal sebagai nilai tambah di tahun 2015. Kami akan bekerja sama dengan universitas lokal dan para ahli di Indonesia karena kita support untuk perkembangan RD di Indonesia.

Selain itu, sudah menyiapkan beberapa kejutan inovasi teknologi yang masih digodok dalam team internal RD Mito

Apakah Mito akan juga merilis smartphone octacore dan tablet octacore? Kapan itu direalisasikan?

Smartphone dan tablet octacore akan hadir di awal tahun 2015 dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk teknologi LCD, inovasi teknologi apa yang akan dikembangkan di 2015?

Di tahun 2015 Mito akan menyematkan layar AMOLED untuk type high-end.

Bagaimana pula dengan kesiapan smartphone 4G, apakah Mito sudah mulai memikirkan untuk membuat smartphone/tablet 4G?

Smartphone 4G mungkin akan diempar ke pasa bersamaan dengan octacore di awal tahun 2015. Saat ini kami masih dalam tahap testing bersama dengan MTK, Qualcomm dan operator-operator telco.

Apa sebenarnya kendala untuk memproduksi smartphone/tablet 4G?

Kendala utama masih dengan regulasi impor yang tidak jelas. Kami harapkan semua akan diperjelas di akhir tahun ini agar 4G bisa menggebrak di awal tahun 2015.

Di 2015, smartphone Mito apakah masih tetap didominasi ukuran layar 5 inchi? Atau akan memulai dengan ukuran yang lebih besar lagi, misalnya, 5.5 inchi atau 6 inchi?

Saat ini Mito sudah memiliki phablet berukuran 6”. Untuk ke depannya kami akan melengkapi beberapa type dari 5”, 5.5” maupun 5.7”

Kalau untuk tablet, apakah akan tetap di ukuran layar 7 inchi atau akan membidik ukuran lainnya, seperti 8,9, 10 inchi?

Saat ini kami memiliki tablet berukuran 7”, 8” dan 10”. Semuanya dengan OS Android 4.4 Kitkat.

Bagaimana dengan resolusi kamera di tahun 2015, apakah cukup puas dengan 13 megapixel? Atau akan ada produk fenomenal dengan dengan dukungan kamera 18, 21, bahkan samai 41 mp seperti brand global?

Dengan dukungan chipset octacore maka camera smartphone Mito akan mampu menembus 18MP tahun depan dan akan selalu progress seiring waktu

Apakah Mito akan masuk menggarap pasar high-end series?

Target utama kami adalah menyasar pengguna smartphone untuk segmen middle upper. Dengan spesifikasi dan teknologi yang baik, bersaing dengan produk internasional tetapi dengan harga yang sangat kompeitif untuk memberikan value added yang baik utk konsumen

Berapa target market share yang dicanangkan Mito pada 2015?

Target market share smartphone di tahun 2015 adalah mencapai 35%.

Bisa di-update sejauhmana proses dan progres pembuatan pabrik yang ada di Tangerang?

Saat ini pabrik di Tangerang sudah bisa operasional untuk feature phone. Untuk smartphone dan tablet sedang dalam percobaan.

Untuk strategi marketing dan penjualan, apakah strategi pre order akan dilakukan kembali pada 2015?

Strategi pre-order online yang sudah dijalankan mendapat respon yang sangat positif dan untuk itu kami akan lanjutkan lagi di tahun 2015.

Bagaimana harapannya kepada pemerintahan baru Jokowi-JK di tahun 2015?

Harapan saya pemerintahan baru di tahun 2015 dapat menyusun regulasi yang baik dan mendukung industri lokal sekaligus tidak menghambat perkembangan teknologi telekomunikasi di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)