CEO Interview SWA Online

IG Live SWA Business Leader Talk: Stratetgi Digital Propan Raya

Kris R Adidarma, CEO PT Propan Raya (bawah)

Berawal dari perusahaan cat rumahan yang berdiri pada tahun 1979, PT Propan Raya kini sudah berkembang menjadi salah satu perusahaan cat terbesar di Indonesia. Salah satu strategi yang menghantarkan Propan Raya mampu bertahan lebih dari 4 dekade tersebut adalah menerapkan digitalisasi.

Propan Raya menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan pelayanannya berbasis Android untuk meng-customized warna cat dengan menggunakan formula yang tersimpan di cloud. Bagaimana Propan Raya bisa menjadi digital marketing champion di Indonesia, apa saja strateginya? Berikut cuplikan bincang-bincang SWA dengan Kris R Adidarma, CEO PT Propan Raya dalam acara IG Live – SWA Business Leader Talk: Stratetgi Digital PT Propan Raya.

Bagaimana Propan memanfaatkan digital ini dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia maupun di luar negeri?

Journey kami tentang digitalisasi dimulai sejak 10 tahun yang lalu, di mana kami menganut suatu sistem ERP yang dinamakan SAP yaitu suatu sistem untuk mengatur proses bisnis. Kami membutuhkan waktu 2 tahun untuk implementasinya. Dengan ERP, kami bisa mengontrol penjualan, produksi, stok. Lalu sekarang Propan sudah mempunyai 45 cabang di seluruh Indonesia, untuk mengontrolnya kami memakai software yang didukung oleh SAP. Sejak itu kami juga mengembangkan aplikasi-aplikasi sendiri. Kami mempunyai sebuah apps berdasarkan Android yang bernama Sales Force Automation (SFA). Ini kami jalankan sudah hampir 5 tahun, yakni untuk membantu sales kami mengambil order dari toko-toko, di mana Propan melayani lebih dari 25 ribu toko di seluruh wilayah Indonesia. Kami memiliki 4 ribu salesman. Mereka mengambil pesanan dari toko-toko tersebut secara digital. Melalui apps ini kami bisa tracking langsung salesman ada di mana, barang sudah sampai di mana, jumlah orderan dan lain-lain.

Kami juga memaksimalkan social media marketing. Rata-rata viewer kami pada video di aplikasi mencapai 2 juta. Bahkan para pelanggan kami sendiri membuat kreasi sendiri. Kami juga bekerja sama dengan KOI (Key Opinion Leaders).

Pabrik Propan Raya yang fully automated memungkinkan hasil yang lebih konsisten, ramah lingkungan, dan lebih cepat.

Bagaimana Propan memelopori teknologi?

Sekitar 5 tahun lalu kami mendirikan pabrik yang termutakhir, untuk produksi cat tembok terbesar di Asia Tenggara. Jadi di semua proses produksi di pabrik itu dilakukan secara otomatis. Sistem pengemasan juga sudah menggunakan robot. Sehingga pabrik yang bisa menghasilkan bahan 60 juta liter per tahun itu bisa dikontrol hanya dengan 4 orang.

Kenapa kami melakukan ini? Karena pertama kami ingin melakukan optimisasi bahwa kami bisa mengeluarkan produk dengan cepat dan konsisten, sehingga kualitas semakin naik. Lebih kuat, halus, ramah lingkungan, dan efisien.

Lalu, kami juga melakukan investasi teknologi membuat warna. Bahwa mesin tinting kami sudah terintegrasi di seluruh indonesia. Jadi formula warna itu bisa custom warna. Yang lebih luar biasa lagi adalah Propan Raya merupakan perusahaan pertama yang bisa mengoneksikan mesin-mesin di seluruh wilayah indonesia. Teknologi ini sudah ada kerja sama dengan Ace Hardware Filipina, yakni kami mengekspor mesin ini ke sana, memasang mesin-mesin tersebut di sana. Selain itu kami juga punya pabrik di Vietnam, Myanmar, dan produk-produk yang tersebar di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Bagaimana konsumen bisa terbantu oleh teknologi digitalnya Propan Raya?

Untuk konsumen bisa menggunakan aplikasi di iOS dan Android, nama aplikasinya propan Colour Inspiration.Tagline-nya Rumah Idaman dalam Genggaman. Di aplikasi ini bisa mensimulasikan warna ruangan atau rumah dengan warna-warna yang ada di mesin kami. Formulasi terhadap warna yang ada, konsumen juga bisa kalkulasi berapa banyak cat yang dibutuhkan. Propaners bisa mencari inspirasi untuk rumahnya dari sini.

Bagaimana Anda memimpin organisasi yang terdiri dari 3 ribu karyawan untuk menghasilkan hal baru di industri ini?

Propan memang terkenal di industri cat sebagai salah satu pabrik cat yang terlengkap. Kami mempunyai cat tembok, cat lantai, cat kayu, cat besi, dan sebagainya. Namun inovasi yang dibanggakan antara lain adalah untuk industri untuk furnitur, misalnya Ikea yang mempercayakan Propan untuk cat produk furniturnya di Indonesia. Kedua terkait isu global warming, bahwa sekarng kami sedang menuju penggunaan cat berbasis hijau. Kami menggunakan namanya Gofast, cat sintetik atua cat minyak tetapi berbasis air. Tersedia puluhan ribu warna cat go fast ini di seluruh lokasi Propan. Kami juga punya produk cat yang bisa diaplikasikan untuk seng. Teknologi-teknologi ini sangat baru, bisa lebih menghemat dan bisa berkontribusi terhadap pengurangan polusi.

Bagaimana strategi digital Propan Raya di masa pandemi?

Intinya bagaimana kami bisa memberikan ketahanan nasional termasuk kepada para tukang cat yang kehilangan nafkahnya. Kami turut menyumbang. Kami menciptakan awareness di media sosial Proapan. Kami mengadakan acara chit chat dengna para key opinion leaders. Kami juga merilis produk cat antikuman yang sudah mendapatkan lisensi. Produk ini ada beberapa jenis, dan Sudah dipakai di beberapa rumah sakit di Indonesia. Selain itu tentunya kami juga menggalakkan penjualan online, termasuk hadir di Tokopedia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved