Rahasia CEO GMP Kelola Karyawan

Gunung Madu Plantation (GMP), perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pabrik gula ternyata memiliki indeks kepuasan karyawan yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja dikarenakan manajemen GMP berpihak terhadap karyawan. Hal tersebut membuat karyawan menjadi puas dan merasa memiliki perusahaan secara emosional.

Dari hasil  survei yang dilakukan SWA dan Hay Group, GMP mendapatkan posisi ketiga di bawah Semen Indonesia dan Surya Madistrindo. Berikut adalah kutipan wawancara SWA dengan Indra Rukmana Kowara, Presiden Direktur dari Gunung Madu Plantation. Berikut kutipan wawancaranya.

GMP2

Sebelumnya selamat untuk Anda, karena PT gunung Madu Plantation Berhasil menempati 3 terbaik sebagai perusahaan yang paling nyaman untuk bekerja. Bagaimana Anda melihat dan menanggapi melihat hasil survei employer branding yang dilakukan SWA dan Hay Group?

Hasil survei untuk employee branding yang dilakukan oleh SWA dan Hay Group cukup obyektif karena data diambil dari mayoritas karyawan perusahaan tersebut, sehinnga data yang diperoleh dapat dikatakan mewakili dari seluruh karyawan.

Sebagai pimpinan perusahaan, bagaimana melihat pentingnya men-track Employee Efectiveness ini? Bagaimana hasilnya?

Tracking employee effectiveness sangat penting dimana kita sebagai manajemen menjadi tahu apa yang dirasakan oleh karyawan dan masukan yang bisa dilakukan untuk kemajuan perusahaan ke depannya. Hal ini sesuai dengan salah satu misi PT GMP yaitu meningkatkan kesejahteraan karyawan. Hasilnya manajemen memperoleh masukan untuk action plan ke depan yang lebih tertata dan jelas sehingga bisa menentukan prioritas utama yang dilakukan.

Bagaimana cara Anda untuk menciptakan iklim kerja yang efektif dan kondusif bagi karyawan sehingga mereka merasa betah dan nyaman bekerja di perusahaan Anda?

Iklim kerja yang efektif dan kondusif dapat diciptakan di GMP disebabkan hubungan yang baik antara pengusaha dan pekerja dimana informasi berjalan dengan lancar dan karyawan tahu apa kewajiban dan haknya.

Bagaimana manajemen Anda memberikan respect dan recognition pada karyawan? Apa saja bentuknya?

Perusahaan memperlakukan karyawan sebagai stakeholder yang penting dalam keberhasilan perusahaan. Perusahaan memberikan respect & recognition kepada karyawan melalui dukungan kepada lembaga pendidikan, koperasi dan kegiatan sosial, keagamaan serta olah raga yang tumbuh di dalam lingkungan perusahaan. Sehingga minat dan bakat karyawan bisa tersalurkan serta mendukung kesejahteraan karyawan dan keluarganya. Hal ini pula yang membuat karyawan merasa nyaman tinggal di dalam lingkungan perusahaan.

Menurut Anda, apa yang membuat karyawan merasa terikat secara emosional dan bekerja
secara maksimal di perusahaan Anda?

Karyawan merasa terikat secara emosional dan bekerja secara maksimal karena adanya perasaan memiliki terhadap perusahaan. Di sini, perusahaan bukan saja tempat bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan tetapi perusahaan adalah komunitas masyarakat tempat keluarga mereka tumbuh dengan sehat dan didukung dengan fasilitas umum yang baik yaitu listrik dan air yang diberikan perusahaan tanpa dipungut biaya.

Apa yang Anda lakukan, sehingga karyawan punya peluang untuk tumbuh dan berkembang?

Kami melakukan segala upaya dalam manajemen sehingga karyawan memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang adalah dengan program pelatihan, seminar dan workshop baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Serta memberikan dukungan dan arahan untuk kegiatan dan hal – hal positif yang muncul dari kreatifitas dan ide karyawan yang dilakukan dengan bertanggung jawab. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)