Josef Winter, Komandan Baru Siemens Indonesia

PT Siemens Indonesia kini mempunyai Presiden Direktur sekaligus CEO yang baru. Dia adalah Josef Winter. Josef menggantikan Hans Peter Haesslein yang telah pensiun setelah bekerja lebih dari 30 tahun tahun di Siemens. Per 1 Oktober 2012, Josef pun secara resmi menduduki posisi yang ditinggalkan Hans.

Tadinya, Josef merupakan Chief Compliance Officer Siemens AG Germany. Pada jabatan tersebut, tugasnya adalah mempertahankan standar kepatuhan yang tinggi dan mengintegrasikan kepatuhan yang lebih erat dengan bisnis. Namun, jabatan itu hanya diembannya selama dua tahun.

Josef Winter, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia

Dari Jerman, ia pun terbang ke Indonesia untuk jabatan Presiden Direktur dan CEO Siemens Indonesia. Indonesia adalah negara ketiga di Asia yang pernah dijalaninya untuk bertugas selama berkarier di Siemens. Sebelumnya dia pernah berkarier di Korea Selatan dan China.

Di sela-sela kunjungan ke pabrik Power Generation, di Cilegon, Banten, SWA online pun berkesempatan untuk mewawancarai Josef. Dia mengaku merasa senang dengan jabatan barunya sekarang. Akan tetapi, apa yang dijalankannya ke depan tidak akan mudah. Maka dari itu, pria kelahiran Rheine, Jerman, ini berusaha mempersiapkan segala sesuatunya. Apa saja yang dilakukannya? Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana perasaan Anda ketika dipilih untuk menjabat sebagai Presdir dan CEO Siemens Indonesia?

Saya merasa senang. Saya disini sejak Oktober tahun lalu. Ya saya percaya Indonesia adalah negara yang sangat baik untuk ditempati. Saya sangat menyukainya. Dan di sisi lain, saya percaya kita akan mendapatkan banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan. Di mana kami punya solusi terbaik di empat sektor (energi, industri, infrastruktur, dan healthcare) untuk pasar Indonesia.

Persiapan apa yang Anda lakukan untuk memulai pekerjaan di Indonesia?

Pertama, tentu saya berusaha membaca sejumlah buku tentang Indonesia. Saya juga mengikuti pelatihan interculture untuk mempelajari kebudayaan Indonesia, untuk mengerti secara lebih baik. Dan tentu saja, saya sedang belajar bahasa. Menurut saya ini sangat penting. Setiap bahasa sulit untuk mempelajarinya, tapi saya berusaha.

Apa target Anda di tahun awal?

Bersama dengan tim, yaitu tim penjualan, tim insinyur, dan dengan pabrik, berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggan kita. Di mana kita memberikan teknologi yang paling mutakhir. Pelanggan harus tahu bahwa kita ingin menjadi mitra jangka panjang, menjadi mitra yang terpercaya, yang mampu menyediakan teknologi yang terbaik yang ada di pasar.

Josef Winter

Bisa disebutkan salah satu program riil yang akan Anda jalankan di tahun awal?

Yang jelas kami akan melanjutkan apa yang sudah ada. Kami berusaha meningkatkan investasi dan produksi. Dan tentu saja, yang paling penting, mengembangkan karyawannya  dengan memberikan pelatihan.

Kami harus memastikan bahwa Siemens adalah perusahaan yang menarik bagi lulusan perguruan tinggi. Saya pikir adalah kesempatan yang sangat menarik bagi mahasiswa untuk bergabung di perusahaan seperti Siemens. Karena kita mempunyai tantangan dan kesempatan yang menarik di Indonesia dan luar Indonesia dalam sejumlah area teknologi. Menurut saya, sumber daya manusia dan pengembangannya adalah kunci bagi kita di masa depan.

Apa kira-kira hambatan terbesar yang bakal dihadapi dalam mengembangkan bisnis di Indonesia?

Seringkali sejumlah proyek mengalami keterlambatan, mungkin membutuhkan waktu, tapi saya rasa secara keseluruhan pemerintah tetap mengusahakannya. Pemerintah juga memperbaiki regulasi yang ujungnya itu akan mendukung usaha kita. Saya percaya kita memiliki lingkungan usaha yang baik.

Tentu kita menghadapi kompetisi, tapi itu bagus untuk setiap orang. Dan pada akhirnya itu juga baik untuk konsumen. Karena kita memastikan bahwa kita tetap memberikan teknologi yang paling mutakhir.

Apa hobi Anda?

Saya suka berolahraga, seperti berlari, bersepeda, dan berenang. Selain itu, negara ini juga menawarkan kesempatan yang baik untuk bermain golf.

Sebelum bekerja di Indonesia, pernah mengunjungi negara ini sebelumnya?

Pernah tapi tidak serlalu sering. Hanya sebatas kunjungan bisnis atau liburan. Indonesia, relatif baru bagi saya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)