CEO Interview

Ralp von Baer, Siap Memajukan Bisnis Bosch di Indonesia

Ralf von baer

Ralf von baer, Managing Director Bosch Indonesia

Setelah sempat mengalami pergantian manajemen, Bosch akhirnya dipimpin oleh Managing Director Baru. Ia adalah Dr. Ralf von Baer, pria asal Jerman yang dipercaya untuk bertanggung jawab dalam mengembangkan potensi dan ekspasi di Bosch Indonesia. Dalam kesempatan kali ini, SWA Online diberikan kesempatan untuk melakukan wawancara terhadap Ralf. Simak kutipan wawancara berikut.

Apakah ini pertama kalinya Anda di Indonesia?

Ya, ini pertama kali untuk saya. Namun sebelumnya saya pernah bekerja di beberapa perusahaan di Asia.

Apakah Anda kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan di Indonesia?

Indonesia dan Jerman sangat berbeda. Terutama dalam hal makanan. Banyak dari makanan Indonesia yang sesuai dan tidak sesuai. Saya menyukai beberapa di antara mereka, tapi juga tidak menyukai makanan lainnya. Untuk kondisi bisnis, saya rasa Indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan usaha kami.

Bagaimana perjalanan karier Anda sebelum berada di perusahaan saat ini?

Saya memulai karier tahun 1990 di sebuah industri layanan kesehatan dan konstruksi. Setelah itu, saya berkecimpung di sejumlah perusahaan di Cina, India, Singapura dan Jepang. Karie saya di Bosch dimulai sejak tahun 2011. Pada saat itu, saya dipercaya untuk menempati posisi Managing Director di Robert Bosch Healthcare GmbH. Di sana saya bertanggung jawab pada cakupan produk telecare, yakni produk healthcare yang diproduksi oleh Bosch secara global. Hingga tahun 2015, saya dipercaya menjadi Managing Director Bosch Indonesia pada Juni 2015.

Pada jabatan yang dipegang saat ini, apa saja yang menjadi tanggung jawab Anda?

Dengan pengalaman saya yang dapat dikatakan cukup di manajemen senior, saya memiliki tanggung jawab untuk memastikan pengembangan potensi dan ekspansi perusahaan di semua segmen bisnis di Tanah Air.

Apa yang menjadi perbedaannya dengan jabatan yang dipegang dahulu?

Saat menjadi Managing Director di produk Boch Healthcare di Palo Alto, saya hanya bertanggung jawab terhadap bisnis telecare secara global dan tele healt di Eropa. Hanya Ppoduk produk kesehatan. Saat ini, saya bertanggung jawab pada semua segmentasi produk di Indonesia.

Apa yang menjadi tantangan selama menjabat di posisi saat ini?

Tantangannya adalah kondisi pasar di Indonesia yang unpredictable. Bisa melemah dan menguat sewaktu waktu. Di tahun kemarin, kami bisa melakukan peningkatan penjualan hingga 44%. sungguh kondisi yang luar biasa. Selain itu, untuk produk healthcare dan masalah higienis, kesadaran dari masyarakat Indonesia masih cukup rendah. Oleh itulah kami berupaya untuk melakukan edukasi.

Bagaimana caranya untuk mengatasi tantangan tersebut?

Kami melakukan beberapa strategi, salah satunya penambahan dealer. Di sana, kami akan menambahkan showroom dan sarana edukasi untuk memperkenalkan produk dan keunggulannya. Baru baru ini klami sudah membuka dealer baru di bali. Perluasan ini kami harapkan berpotensi untuk distribusi produk-produk Bosch secara merata ke seluruh Indonesia.

Apa target yang akan Anda lakukan selama menjabat?

Target kami adalah memajukan bisnis Bosch terutama di Indonesia. Selain itu,kami juga bermaksud untuk berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia. Kami memiliki sebuah yayasan lembaga riset di Indonesia. Sebanyak 90% keuntungan dari penjualan Bosch akan digunakan untuk melakukan riset pengembangan teknologi serta pemenuhan kebutuhan masyarakat Indonesia.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved