Randy Lianggara Ingin Posisikan AXA Sebagai Ahlinya Kesehatan

AXA Indonesia kembali menghadirkan AXA Health Campaign. Selain bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi kesehatan, lewat kampanye ini AXA Indonesia ingin memposisikan dirinya sebagai ahli di bidang asuransi kesehatan, serta ingin lebih mengenalkan brand AXA Indonesia.

Randy LianggaraBerikut wawancara SWA Online dengan Country CEO AXA Indonesia, Randy Lianggara terkait AXA Health Campaign dan perkembangan bisnis mereka di Indonesia.

Apa Tujuan dari AXA Health Campaign?

AXA Health Campaign merupakan kampanye yang bertujuan untuk mempromosikan inisiatif AXA Indonesia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi kesehatan, juga untuk memposisikan Indonesia sebagai ahli di bidang asuransi kesehatan

Berapa lama periode kampanye tersebut?

AXA Health campaign akan dilaksanakan sejak Agustus hingga Desember 2013 di Jakarta dan Pelambang. Kedua kota tersebut dipilih berdasarkan strategi untuk meningkatkan pengenalan akan AXA Indonesia.

Kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam AXA Health Campaign?

Untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya asuransi kesehatan dan merk AXA, AXA Indonesia akan melakukan berbagai kegiatan di Jakarta dan Palembang. Kegiatan tersebut antara lain: Yoga in The City-upaya pemecahan rekor MURI untuk sesi yoga massal, kunjungan AXA Healthy Kids Fest ke sekolah-sekolah, AXA Health City,-kegiatan bertema kesehatan di mal gandaria City Jakarta, kegiatan kejutan AXA dan ditutup dengan AXA Family City Walk di Jakarta dan Palembang yang diharapkan akan diikuti oleh 10 ribu orang.

Berapa biaya untuk AXA health Campaign 2013? Apa hubungan antara biaya ini dengan total premi serta polis yang ingin dicapai pada akhir tahun?

Total investasi untuk AXA Health Campaign sekitar Rp 33 miliar. Bisnis asuransi kesehatan sangat penting bagi kami dan kami tenah mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk AXA Health Campaign yang di mulai tahun lalu. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi kesehatan serta memposisikan AXA Indonesia sebagai ahli di bidang asuransi kesehatan.

Disebutkan bahwa AXA Indonesia kini merupakan 3 Top of Mind (TOM) perusahaan asuransi. Apakah Anda mengharapkan AXA Health Campaign 2013 akan meningkatkan peringkat TOM tersebut?

Kampanye ini merupakan salah satu strategi kami untuk meningkatkan kesadaran akan AXA Indonesia. Pengenalan brand tidak dilakukan dalam semalam, namun harus dilakukan secara konsisten. Hal ini tidak dicapai melalui beriklan saja, namun kami harus terus menciptakan produk inovaif dan menyediakan layanan nasabah yung memuaskan agar AXA dapat menjadi pilihan utama bagi nasabah.

Kami mulai melakukan kampanye ini sejak tahun lalu, yang diikuti dengan atusias oleh masyarakat di Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Kami juga melakukan kampanye lainnya seperti perlindungan Untuk Semua yang diadakan awal tahun ini.

Melalui kampanye tersebut AXA mencatat peningkatan memuaskan dalam brand awareness. Kami berada di peringkat empat besar tahun lalu. Tahun ini kami menjadi tiga besar dengan 22% Top of Mind. Dibandingkan dengan Q4 tahun 2012, pengenalan akan merek AXA meningkat 21 poin di asuransi kesehatan dan 10 poin di asuransi jiwa.

Apa saja produk asuransi kesehatan yang ditawarkan AXA Indonesia?

Kami akan terus mengembangkan produk-produk inovatif dan layanan nasabah yang memuaskan. Selama tahun ini AXA telah mengembangkan produk yang memberikan keuntungan seperti layanan internasional dan cash plan. AXA juga perusahaan asuransi pertama yang menyediakan fasilitas konseling psikologi karena kami menyadari bahwa pasien membutuhkan lebih dari sekedar layanan kesehatan, namun juga dukungan emosional selama masa penyembuhan.

Berapa jumlah klaim AXA Indonesia di tahun 2013?

Mohon maaf, kami tidak dapat mengungkapkan angka klaim di tahun yang tengah berjalan.

Apakah layanan yang berbeda yang ditawarkan AXA dalam kampanye ini?

Dengan kampanye ini AXA ingin mengedepankan komitmen untuk menjadi ahli di bidang asuransi kesehatan yang mengerti kebutuhan nasabah dan komitmen dalam inovasi produk dan layanan. Interaksi kami dengan nasabah dan keluarga mereka  menunjukkan bahwa ketika seseorang mengalami penyakit kritism dampak yang ia rasakan tidak hanya terhadap fisikm namun juga pikiran serta keluarga mereka. Untuk menjawab hal ini, AXA menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang tidak hanya menyediakan perlindungan kesehatan bagi nasabah kamin, namun juga fasilitas konseling psikologis bagi pasien.

Berapa besar kontribusi produk asuransi kesehatan terhadap total premium AXA Indonesia?

Portofolio produk asuransi kesehatan terus meningkat karena AXA berkomitmen untuk menumbuhkan bisnis asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan potensi tumbuhnya besar karena penetrasinya di Indonesia masih sangat rendah, sementara kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan terus tumbuh. Karena itu kami akan terus fokus untuk menumbuhkan bisnis asuransi kesehatan.

Berapa pangsa pasar AXA Indonesia? Berapa target yang ingin dicapai pada akhir tahun ini?

Saat ini kami memiliki lebih dari 1 juta nasabah. AXA Indonesia saat ini menduduki asuransi jiwa nomor dua di Indonesia dengan pangsa pasar 14% menurut AAJI.

Bagaimana kinerja AXA Indonesia di semester I 2013 dibandingkan semester yang sama tahun lalu? Bisnis manakah yang merupakan kontributor terbesar? Apa target kinerja yang ingin dicapai pada akhir tahun ini?

Hingga akhir semester 2013, AXA Indonesia mencatat kenaikan sebesar 10,9% dalam weighted new business premium dibandingkan semester pertama 2012. Bancassurance masih merupakan jalur distribusi terbesar, mendominasi 80%. Untuk target, kami tidak bisa mebgatakan, namun kami ingin mempertahankan pertumbuhan bisnis dan selama beberapa tahun terakhir bisnis kami tumbuh sebanyak lebih dari 20%.

Apa pendapat AXA mengenai SJSN/Sistem Jaminan Sosial Nasional yang mulai berlaku 2014? Apakah hal ini akan mempengaruhi bisnis perusahaan?

Produk AXA memiliki target karakteristik nasabah dan segmen pasar yang lebih spesifik dibandingkan SJSN. Selain itu implementasi SJSN akan menyediakan kesempatan bagi industri asuransi karena membantu meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya asuransi kesehatan. Karenanya, AXA Indonesia menyambut baik insiatif pemerintah tersebut. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)