Vivian Secakusuma : Padukan Investasi Syariah dan Lingkungan

Vivian Secakusuma menjabat sebagai Presiden Direktur PT BNP Paribas Investment Partners sejak tahun 2011 lalu. Sarjana science dalam bidang Teknik Kimia dari Northwestern University, Amerika Serikat ini memulai kariernya di bidang keuangan dan perbankan saat bergabung di Citibank. Vivian lalu kembali melanjutkan studi di Stanford University dan memperoleh gelar Master of Science dalam bidang Engineering-Economic Systems dan Operations Research tahun 2000.

Kemudian, ia bergabung dengan Citigroupp Asset Management di Indonesia sebagai Relationship and Product Manager. Pada tahun 2003, dirinya berlabuh di PT BNP Paribas Investment Partners sebagai Marketing Manager. Kemudian menjabat sebagai Director – Head of Marketing di tahun 2007 sebelum diangkat sebagai Head of Sales and Marketing pada tahun 2010. Kini sebagai nahkoda, ia tentu diwajibkan untuk membuat terobosan-terobosan bagi kemajuan perusahaan. Salah satunya adalah produk reksa dana syariah, yang dinamai Reksa Dana Syariah BNP Paribas Cakra Syariah USD.

Vivian Secakusuma, CEO BNP Paribas Investment Vivian Secakusuma, CEO BNP Paribas Investment Partner

Produk syariah ini adalah reksa dana yang menggabungkan prinsip-prinsip syariah dan prinsip kelestarian lingkungan dalam berinvestasi, pilihan investasinya tidak hanya di dalam negeri tetapi jugadi pasar global. Apa dan bagaimana Vivian dan tim kerjanya akan mengembangkan produk ini? Berikut wawancara SWA Online dengan Vivian di sela peluncuran BNP Paribas Cakra Syariah.

Apa yang membuat BNP Paribas tertarik membuat produk Reksa Dana Syariah yang juga memperhatikan prinsip kelestarian lingkungan ?

Kalau kita lihat BNP Paribas ini kan kekuatannya adalah network sudah sangat luas, ada di beberapa negara, lebih dari 30 negara. Dari situ kami akan membangun produk ini agar memanfaatkan network kami yang sudah ada itu. Selain itu ternyata selama ini pilihan bagi para investor untuk berinvestasi ke dalam instrumen-instrumen global itu masih sangat sedikit, maka kami yakin reksa dana ini prospeknya akan bagus.

Ditambah lagi, saat ini produk-produk syariah dalam industri keuangan dan pasar saham sedang sangat digemari di Indonesia, kondisi ini juga menjadi pendorong untuk reksa dana ini akan diapreasiasi baik. Kedua, dalam mengelola reksa dana ini kami menerapkan proses investasi dan kapabilitas riset yang kuat didukung oleh jaringan global kami. Proses yang unik ini akan memastikan bahwa hanya perusahaan yang memenuhi prinsip syariah dengan perilaku bertanggung jawab yang akan dipilih. Kami percaya bahwa menggabungkan prinsip syariah dengan prinsip sustainable dan responsible dalam proses pemilihan saham akan memberikan nilai jangka panjang bagi investor.

Produk baru ini kebijakan investasinya 80 -90 % diinvestasikan ke saham luar negeri dan sekitar 0 – 20 % untuk di dalam negeri, instrumen pasar uangnya apakah hanya deposito saja atau ada obligasi korporasinya juga ?

Jadi nanti instrumennya hanya ada deposito saja ya, tidak ada yang lainnya. Tidak ada obligasi korporasi di dalam reksa dana ini untuk instrumen dalam negeri.

Halaman Selanjutnya
Negara mana saja yang akan...
Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)