Wolfram Langer: Kryolan Incar Pasar Konsumer Umum

Produk make up profesional memang sengaja diciptakan dengan spesifikasi khusus untuk pasar dengan kebutuhan khusus pula yakni profesional make up artis baik di bidang fashion, televisi, film dan sebagainya. Bisnis  bidang ini memang berkembang dalam pasar yang cukup segemented dan menuntut inovasi teknologi yang tinggi dan cepat. Kryolan, salah satu dari 10 profesional make up ternama di dunia memahami selera pasar yang dinamis itu.

Perusahaan profesional make up ini dibangun sejak tahun 1920 oleh Arnold Langer di Berlin, Jerman. Kini, bisnis keluarga itu telah berhasil mengalami suksesi ke generasi keduanya, yaitu Wolfram Langer yang kini menjabat sebagai CEO Kryolan Profesional Make Up.

CEO Kryolan 31

Wolfram sendiri mulai masuk ke bisnis keluarganya sejak ia berusia 21 tahun dan ketika dia mendapat kesempatan melanjutkan kuliah ke  AS, Wolfram turut serta membawa Kryolan masuk ke pasar di sana.

Setelah sukses mendapatkan pasar di AS, Canada dan Amerika Latin, Kryolan pun masuk 90 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berikut kutipan wawancara reporter SWA Online Arie Liliyah dengan Wolfram Langer, saat launching Kryolan di Indonesia (9/9).

Kenapa Kryolan memilih masuk ke pasar Indonesia ?

Sebenarnya Indonesia sudah menjadi salah satu pasar kami, tetapi khusus untuk pasar profesional,  kami menjualnya secara langsung ke kalangan profesional make up artis. Kebijakan itu sudah berlangsung sejak awal tahun 1980an, sehingga sudah 30 tahun lalu. Nah, yang sekarang ini kami akan membuka akses bagi pasar make up masyarakat umum melalui gerai di pusat perbelanjaan seperti ini.

Target pasarnya siapa?

Jadi yang setelah kami dikenal di kalangan profesional make up artist, kami mau masuk ke konsumer umum, tepatnya masayarakat menengah atas di Jakarta ini.

Produk profesional make up seperti ini di dunia sudah ada beberapa pemain, lalu bagaimana strategi dari Kryolan untuk menciptakan pasarnya?

Ya, memang ada banyak produsen make up yang membuat line profesional make up, tetapi kalau kita mau melihat kembali defenisi aslinya profesional make up maka menurut saya adalah yang tidak hanya memproduksi lipstik atau eye shadow saja tetapi semua produk yang dibutuhkan untuk make up karakter, seperti misalnya dalam film laga atau film horor, mereka butuh make up tidak hanya soal warna tetapi spesial efek yang membuat karakter itu hidup.

Nah, yang seperti itu, yang saya tahu di dunia hanya ada 10 produsen profesional make up-nya, termasuk kami. Sehingga kami yakin kami sudah berhasil menunjukkan teknologi dalam profesional make up maka R&D kami akan siap membuat kualitas terbaik untuk pasar umum ini.

Berarti Kryolan memiliki tim penelitian dan pengembangan produknya sendiri?

Ya, kami memiliki tim R&D di Berlin, Jerman yang didukung dengan fasilitas laboratorium yang lengkap dengan teknologi terkini. Kami selalu melakukan riset, apa kebutuhan terkini di kalangan make up artist? Lalu kami kembangkan formulanya, desainnya dan pengemasannya. Saat ini kami punya 150 warna foundation yang kami kembangkan agar cocok dengan warna kulit semua ras diseluruh dunia. Dan jenis foundationnya pun ada. Lebih dari 20 jenis, mulai dari liquid foundation, sampai kamuflase foundation, itu untuk memenuhi level kebutuhan make up arist. Bahkan kami juga termasuk yang pertama menciptakan make up High Defenition (HD), itu untuk mendukung penampilan di depan kamera HD dan lighting HD.

Saat ini berapa besar market share Kryolan dalam pasar profesional make up?

Saya belum bisa sharing mengenai data itu, karena saya belum punya data pastinya pemain di profesional make up yang masih eksis samapai saat ini selain yang 10 brand tadi. Tetapi kalau Kryolan sendiri sudah dikenal hampir di semua panggung teater besar di Eropa, karena kita tahu teater adalah budaya prestisius bagi masyarakat Eropa. Selain itu kami juga sudah beberapa kali dipercaya pihak Miss Universe menjadi make up resmi mereka.

Di Indonesia, khususnya Jakarta ini apa Kryolan punya strategi khusus untuk mengembangkan pasar?

Iya, jadi khusus untuk pasar Jakarta, saat ini kami fokus untuk membangu awarness calon konsumer dulu, melalui PR dan marketing agen kami tentunya. Sehingga msayarakat tahu akan kehadiran kami.

Apa tantangannya dalam mengembangkan bisnis ini yang notabene adalah bisnis keluarga?

Kalau produsen make up yang lain kan mereka bergerak dalam multinsional company, yang mana didalamnya pun ada beberapa brand, sedangkan Kryolan ini berangkat dari perusahaan keluarga, bisnis keluarga, maka tantangannya bagi kami generasi penerusnya adalah memastikan bisnis ini terus hidup dan berkembang, karena this is our heritage, our life. Selain itu sebagai generasi penerus kami dituntut untuk menemukan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan jaman. Kami harus mampu mengikuti persaingan pasar.

Sebagai pewaris usaha, apa wisdom yang ditanamkan dari orang tua Anda untuk menjalankan bisnis ini?

Stay with your feet on the ground, artinya boleh punya ambisi tetapi jangan ambisius, lakukan apa yang kamu mengerti dan kerjakan dengan penuh totalitas dan disiplin. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)