Zhang Li, Aktor di Balik Cepatnya Pertumbuhan JD.ID

Zhang Li merupakan aktor di balik cepatnya pertumbuhan JD.ID dalam kurun waktu 1 tahun dari masa peluncurannya. Tercatat pertumbuhan bisnisnya naik sebanyak 30%-50% di setiap bulannya. Sebelumnya dia juga berhasil membawa JD.com menembus peringkat pertama untuk kategori PC dan makanan-minumam di ranah industri e-commerce. Juga, orang yang berada di balik suksesnya transformasi di sektor industri PC ke tren laptop untuk gaming. Prestasi ini membuat dirinya menjadi satu-satunya orang yang pernah menerima 5 kali promosi kenaikan jabatan dalam waktu singkat.

Zhang Li

Zhang Li

Li datang ke Indonesia pada 2015 dan membangun JD.ID. Ia kemudian ditunjuk sebagai presiden direktur berkat pengalamannya selama lebih dari 5 tahun sebagai Senior Director of Merchandising JD.Com, sebuah perusahaan e-dagang terkemuka di China sebelum akhirnya ditugaskan ke Indonesia.

Bagaimana Li melihat dunia digital di Indonesia dan peluangnya dalam mengembangkan JD.ID kedepan. Berikut petikan wawancaranya dengan SWA Online:

Bagaimana Anda melihat dunia digital di Indonesia?

Saya pikir tren digital di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat, semakin banyak perangkat digital yang tersedia. Belum lagi dengan ketersediaan layanan internet cepat dan harganya kian terjangkau sehingga lebih banyak orang yang bisa mengaksesnya, dan tentu saja pertumbuhan aplikasi berbasis ponsel pintar juga mengalami perkembangan yang luar biasa. Kami di JD.ID melihatnya sebagai sebuah fenomena dan potensi yang luar biasa besar dan kami menantikan akan melihat hal yang lebih lagi di waktu mendatang.

Bagaimana peluang dan propspek perkembangan tren digital tersebut bagi JD.ID?

Kami sangat menyadari hal ini dan akan terus memanfaatkan momentum ini untuk membangun layanan aplikasi antar muka yang lebih ramah dan mudah bagi para pengguna di Indonesia, sehingga para pelanggan dapat lebih mudah untuk mencari, menyortir dan membeli produk-produk kebutuhan mereka di JD.ID. Baik di situs maupun melalui aplikasi ponsel. Kami juga melihat tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia untuk berbelanja secara daring/online kian meningkat dari hari ke hari karena faktor-faktor seperti kenyamanan yang ditawarkan, kualitas produk yang semakin baik, layanan pelanggan yang mumpuni dan masih ditambah harga yang semakin kompetitif dan terjangkau yang menjadi faktor paling disukai oleh konsumen di Indonesia. Ini semua sudah kami tawarkan selama ini kepada masyarakat Indonesia.

Bagaimana arahan dan rencana membangun JD.ID di Indonesia selanjutnya?

Tentu saja kami akan tetap berupaya menghadirkan ‘joy’ (kegembiraan) kepada semua pelanggan kami. Kami melakukan kendali mutu pada produk-produk dan layanan kami sehingga para pelanggan yang berbelanja di JD.ID tidak perlu khawatir soal kualitas produk yang dijual di JD.ID. Sebagian besar produk yang kami jual, kami beli dari pemilik brand/prisipal secara langsung dan kami mengelola gudang penyimpanan kami secara swadaya yang membuat aspek kendali mutu maupun penentuan harga jual kepada pelanggan juga menjadi lebih baik.

Ke depannya, kami berencana menambah lebih banyak kategori produk dan varian produk terbaru di JD.ID. Aspek penting lainnya, kami sebagai perusahaan akan melakukan lebih banyak investasi pada hal infrastruktur, termasuk membangun lebih banyak gudang penyimpanan di berbagai area di Indonesia, sehingga akan berdampak pada kecepatan layanan pengiriman barang ke tangan konsumen- waktu kirim yang lebih singkat. Kami juga memiliki dan mengelola divisi layanan pelanggan dan pusat layanan purna jual sendiri yang akan memastikan para pelanggan kami mengalami pengalaman berbelanja online yang baik dan utuh, ujung ke ujung.

Layanan seperti yang ditawarkan JD.ID bagi konsumen di Indonesia?

Seperti yang saya sebutkan di atas, layanan yang prima menjadi perhatian utama kami karena menurut kami berbelanja online itu haruslah menjadi sebuah perjalanan yang utuh, ujung ke ujung dari mulai memilih barang, membayar hingga barang diterima di tangan konsumen. Ini yang menyebabkan kami di JD.ID membangun tim yang berdedikasi untuk pengadaan barang, layanan pelanggan, layanan purna jual dan bahkan layanan pengiriman barang sendiri. Ini adalah komitmen kami untuk para pelanggan di Indonesia

Menurut pendapat Anda, seberapa menariknyua pasar e-commerce di Indonesia?

Indonesia memiliki potensi pangsa pasar yang sangat besar dan potensial, meskipun saat ini masih di tahap awal. Kita bisa lihat sekarang pun kompetisi antar penyedia layanan e-commerce sangat ketat. Saya pribadi meyakini pasar Indonesia akan segara bertumbuh sangat besar dan cepat dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Menurut pendapat Anda, apa saja tantangan yang ada di pasar e-commerce Indonesia?

Menurut pengalaman perusahaan, tiga hal kunci yang menjadi tantangan mengembangkan bisnis e-commerce di Indonesia adalah sistem pembayaran, logistik (pengiriman barang) dan talenta pelaku e-commerce. Namun demikian, kami percaya Indonesia akan segera memasuki tahap matang di industri ini dan ketiga faktor itu akan membaik dan tumbuh sesuai perkembangan industrinya.

Bagaimana persaingan di industri ini?

Seperti yang kita ketahui, saat ini sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu, semua pemain di industri ini semakin agresif dan persaingan di segala lini semakin ketat baik dari pemain lokal maupun global.

Target-target bisnis JD.ID ke depannya di Indonesia?

Ke depannya, kami akan selalu fokus pada aspek perbaikan layanan yang lebih baik lagi kepada para pelanggan kami dalam segala hal, mulai dari pilihan dan varian produk yang tersedia, penetapan harga yang kompetitif, kecepatan layanan pengiriman barang dan kenyamanan yang dapat diperoleh pelanggan melalui layanan purna jual JD.ID.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Rahasia BTPN Makin Wow

Teknologi mampu mengubah segalanya. BTPN mengarungi era disrupsi saat ini dengan meluncurkan BTPN Wow! dan BTPN Jenius. Kini, BTPN Wow!...

Close