16 Tahun CT ARSA, Perubahan Iklim Jadi Fokus Kegiatan Sosial

Pada Desember 2021 ini CT Arsa Foundation genap berusia 16 tahun. Merayakan kiprahnya dalam kegiatan sosial, yayasan ini menyelenggarakan acara bertema '16 Tahun Berbagi dan Berkolaborasi' pada Minggu (5/12/2021). Ketua CT Aras Foundation Anita Tanjung menyampaikan selain pendidikan dan kesehatan, saat ini CT ARSA memasukkan perubahan iklim dalam fokus aktivitas sosial.

“Perubahan iklim disebabkan antara lain karena aktivitas manusia yang tidak memperhatikan lingkungan yang menimbulkan pemanasan global, hingga kenaikan suhu permukaan bumi. Akibatnya muncul berbagai bencana alam seperti banjir, kemarau panjang, curah hujan tinggi hingga kebakaran hutan yang tak terkendali,” ujarnya.  

Menghadapi fakta tersebut, CTARSA Foundation berupaya memberikan edukasi hingga pelosok Indonesia melalui kegiatan Gerakan Berbagi, literasi, Komunitas ARSA serta relawan guru. Berbagai program edukatif terkait isu climate change terus dilakukan, seperti menekankan perilaku mencintai lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, serta mendaur ulang sampah.

Perjalanan CT Arsa Foundation dimulai dari bencana Tsunami Aceh 2004, dengan membangun Rumah Anak Madani sebagai rumah singgah untuk anak-anak korban tsunami di Deli Serdang, Sumatera Utara. Setelah itu, berkembang menjadi Sekolah Menengah Atas Unggulan CT Arsa Foundation di Deli Serdang dan Sukoharjo, Jawa Tengah, yang diperuntukkan bagi anak tidak mampu.

Yayasan ini juga membina dan mengirim relawan guru melalui program barunya, yaitu PIPJAR. Sementara di bidang kesehatan, memberikan pelayanan kesehatan gigi gratis, edukasi masyarakat tentang kesehatan, dan memberikan pertolongan medis melalui program ambulance rescue.

Dalam kesempatan yang sama, CT Arsa juga meluncurkan platform donasi digital Berbuatbaik.id. Anita menjelaskan, berbeda dengan yang sudah ada, Berbuatbaik.id akan menyalurkan 100% donasi tanpa potongan ataupun biaya operasional.

Tidak hanya berdonasi, masyarakat juga dapat bergabung menjadi relawan atau Sahabat Baik yang mendampingi para penerima donasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)