21 UKM Binaan YDBA Belajar di Jepang

Henry C. Widjaja Ketua Pengurus YDBA (paling kiri), Ida R.M Sigalingging Sekretaris Pengurus YDBA (paling kanan) bersama UKM Mitra Binaan yang berangkat ke Jepang

Untuk ketujuh kalinya YDBA (Yayasan san Dharma Bhakti Astra) memberangkatkan UKM binaannya ke Jepang. Ada 21 UKM yang mengikuti training The Program on Corporate Management for Indonesia (IDCM) di Kansai Center Osaka Jepang.

Setiap tahun secara rutin YDBA bersama Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partherships (AOTS) dan Himpunan Alumni AOTS Indonesia (HAAI) menawarkan program ini ke mitra binaan. Training IDCM ini selalu ramai diminai UKM, karena di Jepang mereka bisa melihat langsung bagaimana praktik bisnis terbaik, baik dari perusahaan besar seperti Toyota maupun UKM-UKM Jepang yang usianya bahkan sudah ratusan tahun.

Tahun lalu YDBA mengirim 22 UKM binaan, sedang pada gelombang V 2016 ada 21 UKM yang tertarik mengikuti program ini. Selama 12 hari mereka akan mendapat pelatihan manajemen perusahaan dan kesempatan benchmarking ke beberapa UKM Jepang. "Mereka akan berada di Jepang hingga 14 September nanti. Kami berharap selama di sana, akan menambah pengetahuan, mednapat kesempatan untuk meningkatkan daya saing serta menjadikan improvement sebagai budaya kerja. Hal ini sejalan dengan development framework YDBA, yaitu mendorong UKM menjadi Mandiri agar naik kelas dan awet," jelas Henry C. Widjaja Ketua Pengurus YDBA.

Sebelum mengikuti program ini, para UKM yang berminat arus melewati tahapan seleksi berupa seleksi administrasi dengan melengkapi pre training report yang terdiri dari struktur organisasi dan company profile. Bidang usaha UKM menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian yang dilakukan AOTS. Di sana mereka akan belajar memahami karakteristik excellence di Jepang melalui pembelajaran filosofi manajemen dan proses pengembangan strategi manajemen.

"Perusahaan juga bisa belajar menganalisis masalah yang terjadi di perusahaan dan memformulasikan dalam rencana penyelesaian. Mereka juga mendapat kesempatan temu bisnis dengan UKM Jepang," imbuh Ida R.M Sigalingging Sekretaris Pengurus YDBA.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)