StuNed Siap Kucurkan Beasiswa 30 Juta Euro untuk 300 Pelajar Indonesia

Holland Scholarship Day 2015 di Kedutaan Belanda yang digelar oleh Nuffic Neso Indonesia diikuti lebih dari 500 orang yang mendaftar. Namun, karena terbatasnya kapasitas auditorium Erasmus Huis, maka hanya sekitar 300 orang yang dapat diakomodir untuk mengikuti presentasi tentang beasiswa, sedangkan sisanya dapat berhubungan langsung dengan konselor Neso dan perwakilan universitas di Plaza Erasmus Huis untuk konsultasi langsung tentang proses pendaftaran.

HSD_IHAcara dibuka pada pukul 10.00 WIB oleh Kepala Bagian Urusan Pers dan Kebudayaan, Konselor Kedutaan Belanda, Mr. Ton van Zeeland. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film singkat tentang studi di Belanda yang disambung dengan presentasi dari Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mr. Mervin Bakker yang menjelaskan tentang sistem pendidikan dan cara mendaftar ke Universitas di Belanda.

Presentasi tentang beasiswa StuNed diberikan oleh Koordinator Beasiswa, Indy Hardono. Ia menjelaskan, beasiswa StuNed merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Belanda untuk program master, short course dan Tailor Made Training. Total dana yang dikeluarkan untuk beasiswa ini dalam lima tahun adalah 30 juta euro, dan tahun ini akan diberikan untuk 250-300 pelajar Indonesia.

Selain program beasiswa StuNed, dipresentasikan juga beasiwa OTS. Berbeda dengan StuNed, pendanaan beasiswa OTS tergantung dari skema yang dipilih. Beasiswa ini menawarkan untuk program Foundation, Bachelor dan Master. Informasi mengenai berbagai program beasiswa untuk sekolah ke Belanda dapat dilihat pada www.nesoindonesia.or.id/beasiswa

Menurut Student Counselor Neso, Inty Dienasari, salah satu persyaratan untuk mendaftar program beasiswa ke Belanda adalah siswa harus mendapatkan surat penerimaan terlebih dahulu dari Universitas di Belanda. Oleh karena itu pada acara ini juga beberapa perwakilan universitas dari Belanda memberikan presentasi tentang universitas masing-masing.

Acara ini ditutup dengan seminar mengenai How To Write Motivation Statement yang diberikan oleh Marlindah, alumni Belanda dari Universitas Utrecht. Antusiasme peserta seminar cukup tinggi terlihat dari aktifnya mereka pada sesi tanya jawab.

“Biasa saja tidak cukup, jadi jangan pernah menyalin surat motivasi orang lain. Dukung kalimat-kalimat yang dituliskan dengan fakta dan pengalaman,” tegas Marlindah.

Sekadar informasi, beasiswa StuNed dimulai sejak tahun 2000 dan sampai saat ini sudah mempunyai sekitar 4.000 alumni. Pendaftaran beasiswa stuned untuk program master akan ditutup pada tanggal 15 Maret 2015. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)