5 BUMN Bangun Balkondes Tarik Wisatawan ke Pubalingga

Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno mengatakan ada enam BUMN yang bersinergi untuk membangun Balkondes. “Kami harap Balkondes ini akan selesai dibangun pada Mei 2020 bersamaan dengan beroperasinya Bandara Purbalingga, agar wisatawan dapat datang ke sini.,” kata dia.

Keenam BUMN itu adalah PT Angkasa Pura I, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Angkasa Pura II, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Kereta Api Indonesia, dan PT Pupuk Indonesia Holding Company. Peletakan batu pertama Program Pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dilakukan di destinasi wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga), Jawa Tengah.

Balkondes sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ang bertujuan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata melalui pembuatan homestay, memperpanjang length of stay wisatawan dengan adanya pertunjukkan budaya baru pada tiap desa, meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa, dan menciptakan lapangan kerja bagi penduduk desa.

"Golaga saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Purbalingga. Pembangunan ini untuk memperkuat sarana penunjang pariwisata berupa penginapan atau homestay yang dapat mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional di Golaga,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Selain itu, menurutnya, pembangunan homestay ini juga ditujukan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Golaga sehingga membantu mempercepat roda perekonomian Golaga. Konsep arsitektur homestay menggunakan bentuk tree house. Desain ini diambil dari analogi bentuk buah nanas yang merupakan komoditas utama Kabupaten Purbalingga dengan makanan khasnya yang terkenal yakni nanas bakar.

Balkondes Golaga ini nantinya akan memiliki 6 unit nanas homestay, 1 unit family homestay, dan public building seperti cafe & workshop, skybridge, pedestrian access, amphitheater, dan area parkir. "Harapan kami, Balkondes dapat meningkatkan peran masyarakat dalam memajukan destinasi wisata Golaga dan menjadi tempat untuk mengekspose produk-produk unggulan khusunya dari Kabupaten Purbalingga," tambah Faik.

Kabupaten Purbalingga saat ini berada di peringkat ketiga dalam hal tingkat kunjungan wisatawan. Lewat pembangunan ini, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap Purbalingga akan dapat menduduki peringkat dua bahkan satu untuk kunjungan wisatawan tertinggi di Provinsi Jawa Tengah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)