522 Mahasiswa Berprestasi dari 86 PT Unggulan Ikuti “Nation Building”

Bakti Pendidikan Djarum Foundation kembali menggelar kegiatan Nation Building bagi para mahasiswa berprestasi dari seluruh penjuru Nusantara penerima program Djarum Beasiswa Plus. Penerima Djarum Beasiswa Plus atau kerap disebut Beswan Djarum angkatan 2015/2016 yang berjumlah 522 mahasiswa dari 86 perguruan tinggi unggulan di 34 provinsi, berkumpul di Semarang pada 6-10 November lalu untuk mengikuti berbagai macam rangkaian kegiatan yang meliputi Diskusi Kebangsaan, Cultural Visit, serta pergelaran seni Malam Dharma Puruhita.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan wawasan Beswan Djarum tentang makna hakekat bangsa dan kebangsaan. Wawasan kebangsaan dibutuhkan oleh generasi muda bangsa Indonesia sebagai bentuk kepercayaan diri dan rasa hormat diri sebagai bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Latar belakang yang berbeda dari para Beswan Djarum merupakan perwujudan Bhineka Tunggal Ika yang menggambarkan keragaman bangsa Indonesia dengan aneka macam budaya daerah, suku, agama dan berbagai aspek lainnya.

Djarum Foundation

“Acara ini sangat penting bagi para generasi muda Indonesia khususnya para Beswan Djarum, di mana wawasan kebangsaan merupakan bentuk kepercayaan diri dan rasa hormat diri kita sebagai bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kami ingin para Beswan Djarum memiliki rasa persatuan dan kebanggaan sebagai insan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita menjadikan bangsa ini sebagai bangsa besar yang bermartabat” ujar Primadi H. Serad, Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Beswan Djarum sebagai insan yang dibekali dengan kecerdasan intelektual maupun emosional harus dapat secara cerdas menyikapi setiap persoalan yang berpotensi memecah belah keutuhan Bangsa. Juga turut andil dalam memperjuangkan serta mempertahankan keberagaman dengan cara masing-masing di berbagai bidang, adalah kewajiban bagi setiap elemen bangsa, khususnya generasi muda.

Djarum Beasiswa Plus adalah program beasiswa yang dilengkapi dengan pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills. Para Beswan Djarum  memperoleh berbagai pelatihan seperti Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure serta kegiatan Community Empowerment sebagai wujud tanggung jawab dan pengabdian mereka terhadap masyarakat di sekitarnya.

Hingga kini 31 tahun sudah Djarum Foundation, melalui program Djarum Beasiswa Plus, mendedikasikan diri demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Dirintis sejak tahun 1984, program ini sudah memberikan beasiswa kepada  9330 mahasiswa berprestasi di lebih dari 100 perguruan tinggi unggulan di 34 provinsi di Indonesia.

Untuk mendapatkan program ini, mahasiswa harus melawati berbagai tahapan seleksi. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,00 pada akhir semester IV, mengikuti serangkaian tes yang meliputi; seleksi administrasi, tes tulis, diskusi kelompok, serta wawancara. Yang tidak kalah penting, mereka tidak hanya memiliki prestasi akademis, namun juga harus aktif berorganisasi.

"Beswan Djarum ditempa untuk menjadi manusia Indonesia yang tangguh, disiplin, mandiri, dan memiliki wawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa yang cakap secara intelektual dan emosional. Merekalah bibit-bibit perubahan yang akan membawa nama harum bangsa Indonesia di dunia Internasional," kata Primadi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)