AIA dan Kemenpora Tingkatkan Kepelatihan Sepakbola


PT AIA Financial (AIA) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga meluncurkan AIA Sepak Bola untuk Negeri – Train the Trainer.

Program ini ditujukan untuk para pelatih sepak bola pemula untuk mendapat pelatihan dari Global Coaching Team Tottenham Hotspur. Program ini menekankan dukungan berkesinambungan AIA terhadap perkembangan sepak bola di Indonesia.  AIA berharap dapat berkontribusi pada pengembangan pelatih berbakat di Indonesia dan membantu mereka untuk menjadi pelatih yang profesional, andal dan berkualitas.

Rista Qatrini Manurung, Direktur Hukum, Kepatuhan & Risiko PT AIA Financial, mengatakan, program ini memperkuat komitmen AIA terhadap perkembangan sepak bola di Indonesia dan mendukung  program pelatihan 100 ribu pelatih yang dicanangkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. AIA memberikan kesempatan kepada para pelatih berbakat di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan mereka sehingga mampu menjadi pelatih profesional. “Program ini juga merupakan salah satu upaya kami untuk mendorong masyarakat menerapkan gaya hidup sehat.”

Dr. Raden Isnanta M. Pd., Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, mengatakan, Kemenpora mengapresiasi dukungan AIA terhadap program pelatihan 100 ribu pelatih. “Dengan semakin meningkatnya jumlah pelatih berkualitas maka Indonesia akan mampu melatih banyak atlet berbakat untuk dibina dan dikembangkan menjadi atlet profesional. Kami harap ke depannya akan lebih banyak institusi lain seperti AIA yang akan memberikan dukungan terhadap program pelatihan ini," dia menjelaskan.

Sepak Bola untuk Negeri – Train the Trainer melibatkan Global Coaching Team Tottenham Hotspur. Keterlibatan pelatih Spurs adalah bagian dari program kemitraan AIA dengan Tottenham Hotspur sebagai Global Principal Partner. Melalui kemitraan ini, Spurs menempatkan dua pelatih mereka secara permanen di Asia untuk mendukung AIA dalam memperluas program kepelatihannya dan secara berkelanjutan dapat membantu masyarakat untuk aktif berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

Mulai 17 hingga 27 April 2018, kedua pelatih Spurs akan menjalani serangkaian acara, dimulai dari melatih sejumlah pelatih sepak bola pemula di Jakarta dan Ambon. Para pelatih pemula ini terdiri dari guru-guru olahraga dari berbagai sekolah dasar. Selain pelatihan bagi pelatih pemula, AIA juga akan memberikan coaching clinic bagi anak-anak di Jakarta, Bandung dan Ambon sampai ke Tulehu.

Dalam rangkaian acara di Jakarta, Ambon dan Bandung, AIA akan menyerahkan sumbangan bola, yang merupakan bagian dari donasi 10 ribu bola AIA untuk anak-anak dari akademi sepak bola, serta donasi untuk pembangunan infrastruktur sepak bola dan program pelatihan sepak bola di Tulehu, Ambon. Tulehu adalah desa yang memiliki tradisi sepakbola yang kuat dan unik, di mana anak-anak sudah diperkenalkan dengan lapangan sejak mereka masih kecil. Desa ini juga dikenal sebagai Kampung Sepak Bola tempat para pemain sepak bola hebat lahir.

Sepak Bola untuk Negeri – Train the Trainer adalah kelanjutan dari program AIA Sepak Bola untuk Negeri yang diluncurkan pada Maret 2018, yang juga merupakan bagian dari inisiatif AIA untuk mempromosikan gaya hidup sehat melalui partisipasi dalam kegiatan olahraga seperti sepak bola. Salah satu momen spesial saat itu, hadir AIA Global Ambassador David Beckham yang memiliki tujuan sama dengan AIA untuk mendorong masyarakat agar memperhatikan kesehatan mereka dan hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik.

Menurut hasil survei Healthy Living Index 2016 yang dilakukan AIA di 15 negara Asia Pasifik, hanya sekitar 63% masyarakat Indonesia yang rutin melakukan olah raga, sedangkan rata-rata di Asia Pasifik mencapai 71%. Dalam survei yang sama disebutkan pula 47% masyarakat Indonesia mengalami pre-obesitas atau obesitas, selain itu 78% masyarakat menyatakan kondisi kesehatannya tidak sebaik lima tahun yang lalu.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!