Ajak Masyarakat Kenal Zona Madina, Dompet Dhuafa Gelar Festival

Mengajak masyarakat mengenal lebih jauh Zona Madina, Dompet Dhuafa menggelar Festival Zona Madina yang akan digelar selama 3 hari mulai tanggal 16-18 Desember 2016. Festival Zona Madinah merupakan pesta rakyat Zona Madina yang menampilkan pagelaran seni budaya Jampang, pameran puluhan produk pemberdayaan masyarakat Zona Madina, pameran foto, foodventure bersama chef Ari Galih, talkshow dan touring inspirasi generasi muslim bersama Jenahara, Iwel Sastra dan Olivia Zalianti, seminar UKM mengenai sinergi forum UKM & Desperindag, seminar nasional mengenai golok, festival silat tradisi dan workshop kewirausahaan.

img_9148

“Selain mengajak masyarakat untuk lebih mengenal Zona Madina beserta program-program yang ada disini, festival ini kami adakan agar para donator tahu dana yang mereka donasikan ke kami diperuntukkan untuk apa saja,” ujar Herman Budianto, Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa.

Zona Madina yang didirkan di tahun 2003 merupakan kawasan pemberdayaan masyarakat yang dibangun oleh Dompet Dhuafa di lahan 6 hektar di wilayah Jampang, Bogor. Zona Madina terdiri dari 3 program yaitu ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Di kawasan ini terdapat Rumah Sehat Terpadu (RST) yiatu rumah sakit bebas biaya bagi masyarakat kurang mampu, kampong wisata djampang, kampung ternak nusantara, kampung silat Jampang, kampong inggris Jampang, bumi pengembangan insani yang terdiri dari smart ekselensia Indonesia, sekolah guru Indonesia, makmal pendidikan, perpustakaan, dan sarana olahraga.

Hingga 15 Desember 2016, sudah ada 684.218 orang yang menerima manfaat Zona Madina. Yuli Pujihardi, Direktur Utama Dompet Dhuafa Social Enterprise, mengatakan kedepan Zona Madina akan dibangun juga di daerah Yogyakarta, Lampung, Bandung, Makasar dan Padang.

Tahun ini, dana yang terhimpun Dompet Dhuafa ditargetkan mencapai Rp300 miliar. Yuli mengatakan saat ini 80% sudah tercapai. “Tahun depan, kami targetkan dana yang terhimpun mencapai Rp360 miliar. Program-program utama di 2017 akan berfokus di kesehatan kami akan buka rumah sakit sebesar RST ini di Lampung dan akan dibuka di Januari nanti. Nanti kami akan bangun juga di Banten dan Makasar,” jelasnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)