Aksi Sosial Bank Ekonomi di Sumatera Utara

Sebagai rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan sepanjang tahun 2013, PT Bank Ekonomi Raharja Tbk bekerja sama dengan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) melakukan aksi sosial dan lingkungan dengan mengkampanyekan pola hidup ramah lingkungan bagi masyarakat Deli Serdang dan sekitarnya. Kegiatan yang dilaksanakan di di Desa Marindal  II, Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ini dihadiri oleh  perwakilan dari masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang.

bank ekonomi csr

Selain membentuk Komunitas Ramah Lingkungan, dalam kesempatan tersebut, sebanyak 20 orang kader komunitas juga dilantik menjadi agen perubahan khususnya dalam bidang lingkungan. Para kader ini sebelumnya telah lebih dahulu mengikuti pelatihan pengolahan sampah dengan metode daur ulang yang difasilitasi oleh PKPU.

Direktur Network & Distribution Bank Ekonomi, Gimin Sumalim, di sela-sela acara menjelaskan bahwa kegiatan sosial dan lingkungan saat ini menjadi salah satu prioritas, dan Bank Ekonomi berusaha untuk secara aktif terlibat langsung dalam berbagai upaya pelestarian lingkungan melalui payung besar program BEgreen (Bank Ekonomi Goes Green).

“Program pengolahan sampah ini mayoritas pesertanya adalah ibu-ibu rumah tangga, di mana dari hasil karya pengolahan kembali sampah ini diharapkan dapat menambah penghasilan keluarga juga,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (16/12/2013).

Program pengolahan sampah ini bertujuan untuk mengentaskan masalah persampahan di Deli Serdang dan sekitarnya, serta merupakan upaya pencegahan bencana lingkungan melalui pemberdayaan masyarakat menggunakan metode daur ulang. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan pengolahan sampah, pembentukan komunitas ramah lingkungan, kampanye zero waste, dan pembentukan workshop.

Tidak hanya membentuk Komunitas Ramah Lingkungan, Bank Ekonomi dan PKPU juga mengajak masyarakat dan relawan dari Kantor Cabang Bank Ekonomi Medan untuk terlibat langsung dalam kegiatan ini melalui kampanye gaya hidup tanpa sampah (zero waste). Mereka bersama-sama mengunjungi rumah-rumah warga sekitar dan berbagi informasi mengenai gaya hidup tanpa sampah.

Sesuai dengan tema zero waste, maka dalam kegiatan ini panitia berusaha untuk menggunakan bahan ramah lingkungan, dan tidak menimbulkan sampah baru. Misalnya, dengan membagikan tempat minum sebagai pengganti botol plastik dan menyediakan tempat sampah organik maupun non organik.

“Dukungan dari berbagai pihak, seperti yang telah dilakukan oleh Bank Ekonomi, sangat diharapkan karena dengan kolaborasi semacam ini kita dapat bersama-sama menciptakan Indonesia yang lebih baik," tutur Nana Sudiana, Partnership Director PKPU.

Bank Ekonomi dalam menjalankan kegiatan bisnisnya berpegang pada aspek-aspek keberlanjutan. Salah satunya yang ditunjukkan melalui dukungan dan partisipasi aktif dalam berbagai program kemasyarakatan yang berfokus pada tiga pilar, yaitu pendidikan, lingkungan, dan kesejahteraan sosial. EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)