ANJ dan FOI Beri Edukasi Olahan Pangan Lokal

Sejak tahun 2015, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk dan Foodbank of Indonesia (FOI) telah menggelar kampanye Bikin Dapur Ngebul, program kolaborasi yang mendukung ibu Indonesia kembali mengolah makanan di dapur. Dalam kampanye ini, FOI juga mengajak masyarakat untuk mengonsumsi makanan lokal yang aksesnya lebih mudah dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Pada praktiknya, ANJ dan FOI berkolaborasi memberikan edukasi kepada para ibu melalui kelas memasak. Beberapa waktu lalu, Bikin dapur Ngebul diselenggarakan di Posyandu Cipulir mitra FOI. Pelatihan yang diberikan berupa cara mengolah milkshake edamame dan popcorn chicken. Tim Food Technologist ANJ turun tangan dalam edukasi ini. Kelas ini pun dihadiri oleh para ibu relawan FOI, sedangkan hasil olahanyna akan dibagikan kepada anak-anak dari keluarga ekonomi lemah.

Pendiri FOI Hendro Utomo menjelaskan kapanye ini digagas untuk membangun kesadaran tentang pentingnya peran ibu dalam mengolah makanan di dapur dengan cara yang baik dan memenuhi gizi seimbang.

“Di beberapa wilayah pinggiran kota, banyak dijumpai ibu-ibu yang memilih untuk membeli makanan instan untuk anak dan keluarganya. Dari keprihatinan itu lah, FOI menggalakkan kampanye Bikin Dapur Ngebul untuk mengajak para ibu hebat Indonesia kembali ke dapur,” ujar Hendro.

Memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari lalu, Direktur Sustainability dan Corporate Communications ANJ Group, Nunik Mahariani, mengatakan sagu merupakan bahan pangan lokal yang memiliki banyak manfaat seperti mengandung kalsium, zat besi, dan kalium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat.

Sagu juga mengandung karbohidrat sehat yang tinggi sehingga bisa membantu menaikan berat badan si kecil dengan cepat. Sedangkan edamame dapat membantu pertumbuhan anak karena adanya kombinasi protein dan zat besi yang bagus untuk pertumbuhan sel.

“Kami berharap agar ibu-ibu relawan dapat mengaplikasikan menu sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sagu dan edamame adalah bahan sehat yang dapat diolah dengan kreatif, sehingga nafsu makan anak bertambah dan gizi pun tercukupi," tutur Nunik.

Editor : Eva Martha Rahayu

swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)