Apresiasi Bakti Djarum Foundation terhadap Budaya Indonesia

THE RESONANZ CHILDREN CHOIR THE RESONANZ CHILDREN CHOIR

Memiliki komitmen sejak tahun 1992 terhadap Indonesia, Bakti Budaya Djarum Foundation memiliki visi untuk mengembangkan upaya-upaya agar karya anak bangsa dapat diakui di luar negeri. Bukan saya turut membangun Indonesia dalam bidang ekonomi tetapi juga kelestarian dan kekayaan budaya.

“Kami memiliki misi meningkatkan kecintaan dan apresiasi
masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia, mendukung insan kreatif untuk terus berkarya, menggali potensi, mengembangkan dan melestarikan keindahan, serta keragaman budaya Indonesia,” kata Billy Gamaliel, perwakilan dari Bakti Budaya Djarum Foundation.

Hal ini dibuktikan dengan dukungan yang diberikan kepada The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Paduan suara yang berada di bawah naungan The Resonanz Music Studio ini berhasil emenangkan sejumlah kategori dalam kompetisi paduan suara The Golden Gate International Choral Festival yang diselenggarakan di Berkeley, California, Amerika Serikat pada tanggal 12-18 Juli 2015 lalu. Sebanyak 45 generasi muda yang tergabung dalam TRCC ini memenangkan juara pertama pada kategori Historical, juara pertama pada kategori Folk, juara kedua pada kategori Gospel and Spiritual, serta juara ketiga pada kategori Contemporary.

“Tujuan awal kami membawa generasi muda ini berkompetisi adalah untuk mendorong mereka untuk belajar bekerja keras untuk mencapai sesuatu, khususnya dalam musik. Dalam bekerja keras, mereka terlatih untuk percaya diri dan memiliki harapan, mengasah kemampuan mereka melebihi yang mereka pikir,” papar Devi Fransiska, konduktor.

Tidak hanya TRCC yang mengukir prestasi di luar negeri, Batavia Madrigal Singers (BMS), ensembel vokal pimpinan Avip Priatna yang juga bernaung di bawah The Resonanz Music Studio, juga memiliki prestasi dengan mengikuti dua kompetisi paduan internasional yang diselenggarakan berurutan, yaitu 36th International May Choir Competition di Varna, Bulgaria 14-17 Mei 2015 yang lalu, dan 14th International Chamber Choir Competition di Marktoberdorf, Jerman pada tanggal 22-27 Mei 2015.

“Kemenangan yang diraih The Resonanz Children Choir dan Batavia Madrigal Singers di kompetisi internasional ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki bakat-bakat luar biasa dalam dunia tarik suara dan seni musik. Penampilan para duta kesenian Indonesia ini terbukti memukau penonton dan para juri yang berasal dari berbagai negara dan berhasil menyapu sejumlah penghargaan mengalahkan negara lainnya,” ungkap Billy.

Prestasi yang mereka ukir baik di Bulgaria, Jerman dan Amerika Serikat ini semakin mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dan layak untuk kita apresiasi. Semoga prestasi ini bisa menginspirasi generasi muda lainnya untuk mengali potensi diri dan mengukir prestasi di berbagai bidang,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Nantinya akan digelar Konser Simfoni Untuk Bangsa 2015 sekaligus memperingati ulang tahun Indonesia yang ke-70. Acara yang juga didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation ini akan digelar pada tanggal 29 Agustus 2015, bertempat di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)